Breaking News:

Berita Banjarbaru

Satu Titik ETLE Perlu Rp 125 Juta, Banjarbaru Baru Tahun Depan Terapkan Tilang Elektronik

Besarnya biaya yang diperlukan untuk penerapan Tilang Elektronik, Banjarbaru merencanakan baru tahun depan terapkan ETLE

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemberlakuan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah kota direncanakan pada 28 April 2021 besok.

Namun, Pemko Banjarbaru dalam waktu dekat belum memiliki rencana menerapkan tilang elektronik di Kota Idaman.

Wali kota Banjarbaru, M Aditya Mufti Ariffin mengatakan, masih banyak hal yang harus dipersiapkan, sebelum menerapkan sistem tilang elektronik di Kota Idaman.

Oleh sebab itu kata Ovie sapaan Aditya untuk persiapan pelaksanaan akan dianggarkan pada APBD perubahan 2021 ini sementara penerapannya akan dilakukan tahun depan.

"Mudah mudahan di anggaran perubahan ini ada anggarannya sehingga bisa mulai dikerjakan," sebut dia.

Baca juga: Tilang Elektronik di Banjarmasin, Perempatan Jalan Kini Terpasang Kamera Canggih

Baca juga: Dukung Program Kapolri, Satlantas Polres Kotabaru Kalsel Berlakukan E-tilang

Baca juga: Dukung Program Hilangkan Tilang Jalanan, Dit Lantas Polda Kalsel Persiapkan Uji Coba e-TLE

Ovie mengaku dalam penerapan tolang elektronik ini tidak murah sebab diperlukan berbagai peralatan. Bahkan satu titik penerapan bisa menghabiskan anggaran sebesar Rp 125 juta.

"Itu belum server biayanya Rp 1 miliar lebih jadi perlu anggarkan khusus dan itu di lelang karena angkanya diatas Rp 200 juta," sebut Ovie.

Banjarbaru kata Ovie rencananya akan menyiapkan 3-4 titik ETLE. Untuk titik yang dipasang di tempat strategis yang banyak dilalui masyarakat.

"Seperti di bundaran PDAM, Depan kantor pos, perempuan jalan Indomaret dan depan kantor PLN," ujar dia.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso melalui Kasat Lantas Polresta Banjarbaru Iptu Riyanda Putra Utama menjelaskan saat ini pihaknya sudah melakukan bentuk giat survei lokasi dan jalan oleh Satlantas Polres Banjarbaru.

Baca juga: VIDEO Viral, Bocah Ngamuk dan Banting Motornya Saat Ditilang Polisi di Tapin Kalsel

Giat ini didukung dengan Stakeholder terkait Rencana Penerapan Electronic Traffic Light Enforcement (ETLE) Di Kota Banjarbaru seperti Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kalsel, Kadis Kominfo Kota Banjarbaru dan kadis PUPR kota Banjarbaru.

Dalam giat ini ada empat tempat yang disurvei yakni Bundaran PDAM Banjarbaru, Pertigaan Samsat Banjarbaru, Bundaran Amaco Banjarbaru dan Perempatan Jl Barjad Karang Anyar.
(Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved