Breaking News:

Berita HSU

Awasi Makanan di Pasaran, BPOM HSU Masih Temukan Pedagang Pajang Barang Kadaluarsa

BPOM HSU melakukan pengawasan terhadap makanan yang di jual di Masyarakat. Hasilnya, petugas masih menemukan barang kadaluarsa

banjarmasinpost.co,id/reni kurniawati
Petugas BPOM HSU saat melakukan pengawasan makanan di HSU, Rabu (284/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Kantor Loka BPOM Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali melakukan pengawasan terhadap makanan yang dijual di masyarakat, Rabu (28/04/2021).

Kegiatan ini sebelumnya sudah dilakukan beberapa kali sejak menjelang ramadan 2021 hingga saat ini.

Kepala BPOM Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Bambang Hery Purwanto mengatakan pengawasan masih akan terus dlakukan hingga menjelang idul fitri nanti.

Kegiatan ini,  untuk pengawasan memastikan produk pangan yang dijual ke masyarakat aman dan bebas dari bahan berbahaya serta layak dikonsumsi.

Baca juga: Satgas Pangan Kabupaten Tanahbumbu Banyak Temukan Barang Kadaluarsa

Baca juga: Datangi Lapak Pasar di Balangan Kalsel, BPOM HSU Uji Makanan Yang Dijual Pedagang Ramadhan

Baca juga: Awasi Kedatangan Vaksin Covid-19 di Balangan, BPOM HSU Pastikan Vaksin Tetap Bermutu dan Aman 

“Selama satu bulan  pengawasan memang masih banyak ditemukan produk pangan yang kadaluarsa atau rusak dan masih dipajang bersamaan dengan barang yang berkualitas baik” ujarnya. 

Untuk para pedagang yang kedapatan masih memajang barang yang kadaluarsa atau berkualitas rusak diberikan peringatan dan teguran.

Barang yang kadaluarsa atau rusak harusnya dipisah dalam peletakannya hingga konsumen tidak bisa melihat.

Barang yang rusak atau kadaluarsa bisa dikembalikan atau dimusnahkan tergantung perjanjian dengan penyedia layanan barang.

Kepala Kantor BPOM Amuntai Bambang menambahkan saat ini masih ada pedagang yang menjual obat-obatan daftar G karena hanya bisa dijual di apotek dengan tanggungjawab apoteker.

Baca juga: Lakukan Pengawasan ke Pedagang Pasar Terapung, BPOM Banjarmasin Luncurkan Kelotok Laboratorium

Dirinya juga memberikan himbauan kepada warga untuk lebih waspada saat ingin membeli barang dengan selalu melakukan cek KLIK yaitu Kemasan, Label, Izin edar, tanggal Kedaluwarsa.

Risna salah satu konsumen mengatakan setiap ingin membeli selalu mengecek barang yang ingin dibeli. “Jangan sampai membeli barang yang kadaluarsa, meskipun kadang masih belum kadaluarsa namun mencari yang produksi terbaru,” ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved