Breaking News:

PT PLN Persero UIP Kalbagteng

Dukung Pariwisata Kalsel, PLN Peduli Bina Ekowisata Banyu Hirang di HSU

PLN Peduli membina Desa Ekowisata Banyu Hirang di HSU untuk memperbaiki dan melestarikan sumberdaya alam yang berpotensi membuka lapangan kerja

PT PLN (Persero) UIP Kalbagteng
PLN Peduli membina Desa Ekowisata Banyu Hirang. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dalam rangka mendukung sektor pariwisata, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Tengah (UIP Kalbagteng) melalui program PLN Peduli membina Desa Ekowisata Banyu Hirang.

Desa Ekowisata Banyu Hirang terletak di Desa Banyu Hirang, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Provinsi Kalimantan Selatan.

Program Desa Ekowisata ini merupakan salah satu program berkeberlanjutan PLN Peduli.

Manager Pertanahan dan Komunikasi, Supriyanto mengatakan Program ini merupakan program pemberdayaan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pengentasan kemiskinan di daerah tersebut.

PLN Peduli membina Desa Ekowisata Banyu Hirang.
PLN Peduli membina Desa Ekowisata Banyu Hirang. (PT PLN (Persero) UIP Kalbagteng)

“Program ini ditujukan untuk memperbaiki dan melestarikan sumber daya alam yang sangat berpotensi membuka lapangan pekerjaan sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Banyu Hirang,” tutur Supriyanto.

Kepala Desa Banyu Hirang, Hiliyani menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dalam melestarikan sumber daya alam di Desa Banyu Hirang.

“Program ini membuktikan upaya PLN dalam mendukung pelestarian alam sekaligus membangun ekonomi daerah”, ungkap Hiliyani.

Program PLN Peduli Pembinaan Desa Ekowisata Banyu Hirang ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 dan pada tahun 2021 ini memasuki tahun ke tiga.

PLN Peduli membina Desa Ekowisata Banyu Hirang.
PLN Peduli membina Desa Ekowisata Banyu Hirang. (PT PLN (Persero) UIP Kalbagteng)

Hiliyani menyatakan bahwa sebelum adanya bantuan dari PLN, masyarakat mengandalkan dari mata pencaharian pokok yang bergantung dengan alam.

“Setelah adanya bantuan dari PLN, masyarakat mengalami perubahan ekonomi, salah satunya tercipta banyak lapangan pekerjaan. Selain itu, program ini membangkitkan semangat pemuda di Desa untuk turut membangun Desa dengan mengelola Desa Ekowisata Banyu Hirang,” tambahnya.

Saat ini Desa Ekowisata Banyu hirang semakin dikenal masyarakat sekitar.

Setiap hari selalu ada pengunjung yang datang, terlebih di hari Sabtu dan Minggu.

Supriyanto berharap dengan adanya program ini, masyarakat Desa bisa mandiri ke depannya dan menciptakan Desa Ekowisata yang dapat menjadi salah satu daya tarik sektor wisata di Provinsi Kalimantan Selatan. (aol)

Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved