Breaking News:

Berita Batola

Pilkades Batola 2021, Evoting Digelar di 42 Tempat Pemungutan Suara

Persiapan menuju Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 di Kabupaten Barito Kuala terus dimatangkan.

Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri
Sejumlah Cakades yang menjalani psikotes untuk Pilkades Batola 2021 di Kantor Camat Anjir Muara beberapa waktu lalu, 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Persiapan menuju Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 di Kabupaten Barito Kuala terus dimatangkan.

Diungkapkan Mochammad Aziz, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (PMD), saat ini tengah berjalan sosialisasi Pilkades di kalangan masyarakat.

"Tahapan selanjutnya kampanye, 10 hari sebelum pemilihan, kemudian masa tenang dan hari pemilihannya," tegas Aziz. Rabu (28/4/2021).

Ia pun memaparkan, untuk jumlah data pemilih tetap (DPT) hingga hari ini tercatat 168.333 orang. Terbagi pada 17 kecamatan, di 163 desa dan bakalan melakukan pemilihan masing-masing di 381 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga: Regulasi Pilkades di Tala Masih Berproses, Pansus Sebut Tahap Penyempurnaan Draft

Baca juga: Lewati Psikotes, 130 Cakades di 26 Desa Maju Pilkades 2021 Batola

Baca juga: Dandim Martapura Ingatkan Anggotanya untuk Netral di Pilkades dan PSU Pilgub Kalsel

Baca juga: Napirin Unggul dengan Perolehan 704 Suara, Petahana Tumbang di Pilkades Stagen Kotabaru

Mengenai pemilihan dengan teknis Evoting, nampaknya hanya dilakukan di 42 desa atau sebanyak 76 TPS. Sedangkan sisanya dengan pencoblosan seeperti biasanya.

"Memang tidak dilakukan semuanya secara evoting, sebagai permulaan, di tahap ini kita berlakukan di 42 desa saja," ungkap Aziz.

ini Hal ini berkenaan dengan penyesuaian anggaran dalam pelaksanaan pilkades, sehingga belum bisa dilakukan secara serentak, namun bertahap.

Terkait perangkat dari BPPT yang digunakan pada evoting mendatang, diperkirakan tiba 20 unit di Batola pada 3 Mei, dilanjutkan dengan pelatihan kepada teknis lapangan pada 4 Mei 2021.

Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Batola sendiri dijadwalkan pada empat gelombang. Yakni Yakni pada rentang Mei hingga awal Juni 2021.

Gelombang pertama di tiga kecamatan. Yakni Tabunganen, Tamban, Mekarsari pada 22 Mei. Kedua. Anjir Pasar, Anjir Muara, Belawang dan Wanaraya pada 25 Mei. Ketiga. Alalak, Jejangkit, Mandastana dan Marabahan pada 29 Mei. Gelombang terakhir. Cerbon, Barambai, Bakumpai, Rantau Badauh, Tabukan dan Kuripan pada 2 Juni. (Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Penulis: Muhammad Tabri
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved