Breaking News:

Bansos Kemensos 2021

Bansos Kemensos Dicairkan Awal Mei 2021, Klik di cekbansos.kemensos.go.id

Pemerintah mempercepat pencairan bantuan sosial kementerian sosial (bansos kemensos) menjadi awal Mei 2021.

TRIBUN/DANY PERMANA
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Redaksi Tribun Network di Palmerah, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Risma yang baru saja berulang tahun ke-58 pada Rabu 20 November, memaparkan apa yang telah dicapainya di Kota Surabaya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID  - Pemerintah mempercepat pencairan bantuan sosial kementerian sosial (bansos kemensos) menjadi awal Mei 2021.

Pencairan dilakukan pemerintah pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) dengan memperbaharui data para penerima bantuan sosial.

Lalu bagaimana mengecek daftar penerima, bisa dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Di laman tersebut, para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) 2021, bisa mengecek apakah keluarganya terdaftar sebagai penerima bansos sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru.

Baca juga: Sate Maut di Bantul Positif Mengandung Racun C, Biasa Ada dalam Potas dan Racun Tikus

Baca juga: PP THR 2021 Terbit, Hari Ini THR PNS TNI Polri dan Pensiunan Mulai Dicairkan, Bagaimana Gaji ke-13?

Kemensos sendiri terus melakukan perbaruan data penerima PKH di cekbansos.kemensos.go.id agar bansos bisa lebih tepat sasaran dan bisa transparan karena mudah diakes publik.

Menteri Sosial Tri Rismahari menyebut akan merealisasikan bansos mulai 4 Januari 2021, melarang masyarakat membelanjakan rokok.
Menteri Sosial Tri Rismahari menyebut akan merealisasikan bansos mulai 4 Januari 2021, melarang masyarakat membelanjakan rokok. (tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden)

“Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya,” jelas Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma dalam keterangan resminya dikutip pada Rabu (28/4/2021).

“Per 1 April Kementerian Sosial meluncurkan New DTKS yang sudah dipadankan dengan NIK dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri,” kata dia lagi. Selain untuk mengecek data, Risma menjelaskan, di dalam New DTKS, seseorang yang berhak maka akan difasilitasi mengusulkan dirinya untuk menerima bantuan.

“Di sisi lain, bagi penyanggah akan disembunyikan beberapa nomor handphone di belakangnya untuk memberikan keberanian. Jika ada perbedaan data akan dibantu dengan melibatkan pihak perguruan tinggi,” ungkap dia.

Berikut cara untuk mengecek data penerima bansos 2021 di cekbansos.kemensos.go.id:

Akses laman cekbansos.kemensos.go.id

Lengkapi data yang dibutuhkan, yakni provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

Baca juga: Hampir Tutup April 2021, Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan dan Klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Isi nama sesuai KTP

Masukkan empat kode berupa huruf dan angka seperti yang tertera di kotak kode Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru

Lalu klik tombol cari. Sistem otomatis akan mencocokan data nama penerima bansos yang diinput, wilayah, serta data yang disimpan di DTKS Kemensos.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bansos Kemensos 2021 Cair Awal Mei, Cek di cekbansos.kemensos.go.id",

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved