Breaking News:

BTalk

BTalk, Amalan di Malam Lailatul Qadar Menurut Ustaz Asfiani dari Kemenag Banjarmasin

Menurut Ustaz H Asfiani Norhasani dari Kemenag Banjarmasin, Nabi hanya memberitahu Lailatul Qadar di malam 10 terakhir Ramadhan yang ganjil-ganjil.

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Ustadz H Asfiani Norhasani Lc, MAg, dalam acara BTalk Bicara Apa Saja yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Hari Widodo, tentang berlomba-lomba 'mengejar' malam Lailatul Qadar, Kamis (29/4/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendekati 10 terakhir bulan Suci Ramadhan 1442 Hijrah, ummat Islam berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah.

Harapannya tak lain agar mendapatkan satu malam khusus, yakni Malam Lailatul Qadar.

Menurut Ustaz H Asfiani Norhasani Lc. M.Ag dalam acara BTalk Bicara Apa Saja yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Hari Widodo, Kamis (29/4/2021), kenapa ummat Islam berlomba-lomba 'mengejar' Malam Lailatul Qadar, karena nilai ibadah yang didapat berlipat ganda.

"Ada satu malam yang nilai ibadahnya sama dengan seribu bulan, yakni Malam Lailatul Qadar," ungkapnya.

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Bawaslu Banjarmasin Kaji Dugaan Politik Uang yang Menyeret Petugas KPPS

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Kadinkes Minta Daerah Jangan Kurangi Testingnya

Adanya 'bonus' Lailatul Qadar dari Allah SWT tersebut, lanjut dia, karena ummat Nabi Muhammad usianya 60-70 tahun saja. Sedangkan umat sebelumnya ada 350 tahun hingga 1.000 tahun.

"Berdasarkan usia itu, amal ibadah ummat Nabi Muhammad kalah dengan umat sebelumnya, sehingga tidak bisa mengejarnya," tandasnya.

Namun, lanjut Aspiani, Allah Maha Pengasih dan Penyayang, sehingga supaya amal ibadahnya ummat Nabi Muhammad sama dengan ummat terdahulu berupa Lailatul Qadar.

Cuma, kata dia, supaya ummat Islam giat beribadah tidak diberitahu kapan dan di hari keberapa bulan Ramadhan. Ini pun sempat menjadi pertanyaan dan bikin penasaran para sahabat Nabi.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, DPD Organda Pal 6 Banjarmasin Harapkan Tetap Operasi

Baca juga: Kapolda Kalsel Minta Polres dan Polresta Tindak Pengendara Berknalpot Bising

"Nabi hanya memberitahu malam Lailatul Qadar di malam 10 terakhir di bulan Ramadhan yang ganjil-ganjil, yakni 21, 23, 25, 27 dan 29," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved