Breaking News:

Ramadhan 2021

Doa dan Niat Bayar Zakat Fitrah untuk Sendiri Maupun Keluarga, Jangan Lupa Bagi yang Bayar Fidyah

Sebelum melaksanakan Idul Fitri 2021, jangan lupa Zakat Fitrah. Selain itu juga perlu diingat membayar Fidyah utang puasa Ramadhan 1442 H.

Penulis: Noor Masrida | Editor: M.Risman Noor
sutterstock
Ilustrasi zakat Fitrah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak terasa sudah 17 Ramadhan 2021. Tak sampai setengah bulan lagi, umat muslim akan merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sebelum melaksanakan Idul Fitri 2021, jangan lupa kewajiban membayar Zakat Fitrah. Selain itu juga perlu diingat membayar Fidyah utang puasa Ramadhan 1442 H.

Saat melaksanakannya, perhatikan Niat Zakat Fitrah hingga Doa Menerima Zakat Fitrah yang berlaku baik untuk diri sendiri, istri, anak, maupun keluarga.

Bagi yang ingin membayar Fidyah utang puasa Ramadhan, simak Niat Bayar Fidyah Utang Puasa Ramadhan di sini.

Diketahui, Zakat fitrah merupakan amalan wajib umat muslim di bulan Ramadhan sebagai bentuk santunan kepada orang-orang kurang mampu, termasuk Idul Fitri 1442 Hijriah ini.

Baca juga: Sudah 17 Ramadhan 2021, Ini Amalan 10 Hari Kedua Ramadhan 1442 H

Baca juga: Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan 2021, Dapatkan Pahala Berlipat di Malam Lailatul Qadar

Sementara itu, keutamaan zakat fitrah berfungsi untuk mensucikan harta yang dimiliki seseorang dari segala kotoran yang selama ini terkumpul saat bermuamalah dengan sesama manusia.

Zakat fitrah juga dapat membersihkan (Fitrah) diri dan jiwa, dan mendapatkan pahala yang begitu banyak.

Biasanya, zakat fitrah harus sudah dikeluarkan sebelum salat Idul Fitri berlangsung atau beberapa hari menjelang salat Idul Fitri.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas saat menyalurkan zakat fitrah dan zakat maal yang sudah dikumpulkan melalui Unit Pengumpul Zakat Kantor Kemenag kapuas.
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas saat menyalurkan zakat fitrah dan zakat maal yang sudah dikumpulkan melalui Unit Pengumpul Zakat Kantor Kemenag kapuas. (istimewa)

Bacaan Niat Zakat Fitrah

Amal ibadah, termasuk membayar zakat fitrah, tentu harus diawali dengan niat yang baik dan muncul dari hati.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved