Breaking News:

PSU Banjarmasin

Kalah di PSU, Namun Jadi Pemenang Pilwali Banjarmasin 2020, ini Kata Calon Wawali Petahana

Meski tetap unggul, calon Wakil Wali Kota Banjarmasin dari paslon petahana Arifin Noor akan menunggu hasil resmi dari KPU Banjarmasin.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina-Arifin Noor. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berdasarkan hasil perhitungan cepat, Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan kemarin Rabu (28/4/2021) sepertinya menjadi milik pasangan calon (paslon) Hj Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu).

Paslon dengan nomor urut 04 ini unggul di tiga kelurahan yang menjadi tempat pelaksanaan PSU yakni Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan.

Dari total 80 TPS di tiga kelurahan tersebut, AnandaMu mendulang 11.837 suara sedangkan paslon petahana H Ibnu Sina-Arifin Noor (nomor urut 02) mengantongi 5018 suara.

Kemudian disusul oleh paslon Khairul Saleh-Habib Ali (nomor urut 03) dengan total 574 suara dan terakhir adalah paslon Haris Makkie-Ilham Nor (nomor urut 01) dengan torehan 412 suara.

Baca juga: Tetap Unggul di Pilwali Banjarmasin 2020, Ini Tanggapan Petahana H Ibnu Sina

Baca juga: Hasil Hitung Cepat Tim Ibnu-Arifin, Klaim Kemenangan di PSU Pilwali Banjarmasin

Meskipun kalah dalam perhitungan suara PSU secara cepat, namun dipastikan paslon petahana tetap unggul jika hasilnya digabungkan dengan hasil perolehan di seluruh TPS di Banjarmasin yang tidak dibatalkan atau tidak dilaksanakan PSU.

Perolehan suara Pilwali Banjarmasin 2020 setelah ditambahkan dengan hasil PSU ini maka H Ibnu Sina-Arifin Noor meraih 89.404 suara, disusul AnandaMu dengan torehan 81.359 suara, kemudian di urutan ketiga ada paslon Haris Makkie-Ilham Nor dengan 34.860 suara dan terakhir ada paslon Khairul Saleh-Habib Ali dengan 29.917 suara.

Terkait dengan hasil ini, Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin dari paslon petahana Arifin Noor mengaku tetap akan menunggu hasil resmi dari KPU Banjarmasin.

"Hasil PSU sudah kita ketahui, tinggal nanti proses dari KPU Banjarmasin bagaimana penetapannya," ujar Arifin Noor saat ditemui Rabu (28/4/2021) malam.

Baca juga: Rencana Pembangunan Kodim di Balangan ke Tahap Land Clearing, Dandim 1001 Tinjau Langsung Lokasi

Baca juga: Tak Tahu Wajib Pakai Suket PCR Swab, Banyak Keberangkatan Penumpang Pesawat Tujuan Kalteng Tertunda

Sebelum dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI hingga kemudian dilakukan PSU, paslon petahana unggul di tiga kelurahan ini, namun setelah PSU hasilnya justru berbalik untuk keunggulan AnandaMu.

Terkait hal ini, Arifin Noor menilai hal itu sangatlah wajar terjadi karena di PSU juga banyak dinamika yang terjadi.

"Ada yang berubah dan ada yang tetap, tentu hal wajar. Semua paslon tentu berupaya dan kita menghormati upaya itu sepanjang tidak melanggar aturan," ujarnya.

Tak kalah penting, Arifin Noor pun berharap hasil akhir dari proses Pilwali Banjarmasin 2020 ini bermanfaat bagi seluruh warga Kota Seribu Sungai.

"Mudahan jadi keberkahan masyarakat Banjarmasin dan pembangunan berlanjut lagi," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved