Breaking News:

Berita Palangkaraya

Kebakaran Lahan Kalteng, Terbanyak Terjadi di Bulan April 2021 Sebanyak Tujuh Kali

Kebakaran lahan yang terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sudah terjadi sejak Februari 2021,

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id / faturahman
Petugas saat mempersiapkan sarana untuk pemadaman kebakaran lahan. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kebakaran lahan yang terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sudah terjadi sejak Februari 2021, namun jumlah kebakaran lahan yang paling banyak terjadi di Ibu Kota Kalimantan Tengah Bulan April mencapai tujuh kali.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (sejak Februari 2021 hingga akhir bulan April 2021 kebakaran lahan yang terjadi di Palangkaraya sebanyak 14 kasus.

Kebakaran lahan, mulai kembali banyak Bulan April 2021 disaat hujan mulai jarang mengguyur Kota Palangkaraya, sehingga semak belukar terutama yang ada dipinggiran jalan trans kalimantan arah Pulangpisau- Palangkaraya- Sampit- Pangkalanbun mengering dan rawan terbakar.

Rincian kejadian kebakaran lahan, Bulan Februari ada dua kejadian di Kelurahan Sabaru dan Kelurahan Kereng Bangkirai dengan luas lahan 0,75 hektare berlanjut Bulan Maret, ada lima kejadian di Kelurahan Menteng, Bukittunggal, Kamelohbaru dan Kelurahan Kanarakan, dengan luas lahan terbakar 23,5 hektar.

Baca juga: Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Larangan Membakar Lahan di Palangkaraya

Baca juga: Cuaca Cenderung Kian Panas, Lahan Kosong di Tanahlaut Mulai Terbakar

Baca juga: VIDEO Kades Pusing Lahan Tinggal Masuk Kawasan Hutan, Polda Kalsel Fasilitasi Cari Solusi

Baca juga: Kabut Berbau Asap Mulai Selimut Pinggiran Sampit, Kapolres Larang Warga Membakar Lahan

Khusus Bulan April, sejak tanggal 1 hingga 24 April 2021 terjadi tujuh kali karhutla yang di Kelurahan Bukittunggal, Pager, Kalampangan dan Kelurahan Sabaru, dengan akumulasi lahan terdampak sebesar 13 Hektare.

Kepala BPBD Kota Palangkaraya, Emi Abriyani Kamis (29/4/2021) mengatakan, pihaknya bersama BPBD Kalteng, Manggala Agni, TNI dan Polri, Tim Serbu Api Kelurahan dan Damkar, Barisan Pemadam Kebakaran telah melakukan penanganan setiap kasus karhutla tersebut."Luas lahan yang terbakar keseluruhan hingga saat ini mencapai, 37,25 hektare,” ujar Emi.(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved