Breaking News:

DPRD Banjarbaru

Anggaran Refocusing 2020 Tersisa Rp 30 Miliar, DPRD Banjarbaru Minta Dimaksimalkan untuk Masyarakat

Anggaran refocusing Covid-19 di Banjarbaru tahun 2020 sebesar Rp 110 miliar. Namun, hanya Rp 80 miliar yang digunakan

Humas DPRD Banjarbaru
Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah Akbar menyerahkan rekomendasi DPRD Banjarbaru terkait LKPJ Pemko Banjarbaru 2020, Senin (26/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemerintah kota Banjarbaru  melaksanakan realokasi anggaran untuk menangani pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Banjarbaru meminta supaya realokasi harus mampu menekan laju penularan Covid-19 di kota Idaman. Karena itu, anggaran harus digunakan secara maksimal.

Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah SH MH mengatakan tentang refocusing anggaran 2020 jumlahnya lumayan besar sekitar Rp 110 miliar tapi yang dilaksanakan hanya Rp 80 miliar atau digunakan hanya sekitar 70 persen saja.

"Kami juga sangat sayang kan lah anggaran yang begitu besar untuk penggunaan  sangat sedikit padahal masyarakat banyak berteriak terkait kebutuhan hidup selama pandemi," kata dia.

Contohnya saja,  untuk bantuan tidak terduga itu justru hanya digunakan sekitar 50 persen saja padahal itu anggarannya cukup besar.

Anggota DPRD Banjarbaru foto bersama.
Anggota DPRD Banjarbaru foto bersama. (Humas DPRD Banjarbaru)

Tentunya, kata Ketua DPRD termuda di Tanah Air, ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kota Banjarbaru bagaimana bisa mengelola keuangan secara maksimal.

Dana itu dianggarkan seyogianya untuk masyarakat sehingga harus dimaksimalkan penyerapannya agar masyarakat yang benar benar membutuhkan disaat pandemi Covid 19 ini bisa merasakan langsung.

"Makin tinggi serapan maka vitamin yang diterima oleh masyarakat semakin baik. Perlu adanya perbaikan agar penggunaan dana tidak terduga digunakan dengan baik khusus penanganan pandemi Covid 19," kata politisi Gerindra Banjarbaru ini.

Fadliansyah SH MH, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
Fadliansyah SH MH, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (HUMAS DPRD KOTA BANJARBARU)

Selain itu juga kata Fadliansyah informasi penggunaan anggaran dari pemerintah kota Banjarbaru juga masih kurang.

"Jumlahnya cukup besar tapi kami tidak mengetahui untuk apa saja dana yang digunakan itu. Patut dicurigai bagi anggota dewan dalam pembahasan anggaran ini supaya lebih terbuka," terang dia.

DPRD Banjarbaru juga memiliki tugas yang sama yakni sebagai pengelolaan anggaran. Agar penggunaan anggaran bisa lebih transparan dan akuntabel. (Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved