Breaking News:

Berita Banjarbaru

Lahan di Kota Banjarbaru Kembali Terbakar, BPBD Sebut dari Bakaran Sampah

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kota Banjarbaru persisnya di di Jalan A Yani Km 20,9 Jurusan Peleihari

Penulis: Khairil Rahim | Editor: Hari Widodo
BPBD Kota Banjarbaru untuk BPost
BPBD Banjarbaru dan Relawan bahu membahu padamkan api yg membakar lahan di Jalan A Yani Km 20,9 Jurusan Peleihari, Landasan Ulin Selatan, Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (30/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kota Banjarbaru, Jumat (30/4/2021).  

Tepatnya insiden peristiwa itu terjadi di Jalan A Yani Km 20,9 Jurusan Pelaihari, Samping Taman Makam Mulia Sejahtera, Landasan Ulin Selatan, Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

"Dalam peristiwa ini, lahan gambut yang terbakar kurang lebih mencapai satu hektare di titik kordinat -3,4519777, 114,7013882,'' kataKepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru, Zaini Syahranie,

Lebih lanjut, untuk penyebab kebakaran lahan di kawasan itu berasal dari pembakaran sampah yang kemudian menjalar akibat kondisi lahan yang kering serta banyak ditumbuhi oleh ilalang. 

Baca juga: Hadapi Musim Kemarau, Damkar di Tapin, TNI-Polri Latihan Bersama Penanggulangan Bencana Karhutla

Baca juga: VIDEO Pj Gubernur Kalsel Hadiri Simulasi Penanganan Karhutla di Banjarmasin

Untungnya dalam penanganan kebakaran lahan ini, BPBD Kota Banjarbaru dibantu Combat 1006, Landu Rescue, BPK Landasan Ulin Selatan dan BPK Mulia cepat dalam melakukan pemadaman sehingga api tidak menjalar lebih luas lagi. 

Diketahui di Kota Idaman Banjarbaru, terdapat lima titik lokasi yang cukup rawan terjadinya karhutla, diantaranya Guntung Damar, Guntung Manggis, Kecamatan Liang Anggang, Kecamatan Landasan Ulin dan Kecamatan Cempaka. 

Dan yang mendapatkan perhatian adalah di Kawasan Guntung Damar dan Landasan Ulin dekat Bandara Internasional Syamsudin Noor. 

Baca juga: Petakan Daerah Rawan Karhutla, Dishut Kalsel Yakin Jumlah Kebakaran Bisa Ditekan

Di kesempatan itu, Zaini mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membakar sampah dan lainnya. 

"Sebelum meninggalkan bakaran sampah, lebih baik dipastikan terlebih dahulu api sudah padam untuk menghindari serta menekan terjadinya kebakaran lahan yang parah," tutupnya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved