Breaking News:

Berita Banjarmasin

Borneo Rescue Kembangkan Penanganan Bencana di Air hingga Hewan

Berawal dari bencana banjir Kalsel yang terjadi awal tahun lalu, Borneo Rescue akhirnya diresmikan sebagai relawan tanggap bencana di Kalsel Jumat (30

Penulis: Milna Sari | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasnpost.co.id./milna sari
Launching Borneo Rescue oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdaprov Kalsel Faturrahman dan pendiri Ibnu Sina 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Berawal dari bencana banjir Kalsel yang terjadi awal tahun lalu, Borneo Rescue akhirnya diresmikan sebagai relawan tanggap bencana di Kalsel Jumat (30/4/2021) malam.

Relawan yang beranggotakan lebih dari 80 orang ini sudah melakukan misi bantuan ke NTT, dan Jawa Timur.

"Bermula dari bencana banjir di Kalsel, kita melakukan misi kemanusiaan penanggulangan bencana banjir yang terfokus di Kabupaten Banjar, Batola, Tanah Laut, dan HST paska itulah awalnya Borneo Rescue dibentuk," ujar salah satu pendiri Borneo Rescue, Edi Sudarmadi kepada banjarmasinpost.co.id usai launching Borneo Rescue di Fave Hotel Banjarbaru.

Selain misi penanganan bencana alam, lanjut Edi Borneo Rescue juga akan ditingkatkan untuk penanganan vertikal, rescue water, dan animal. Hal itu terangnya akan memberi warna bagi rescue swasta di Kalsel.

Saat ini terang Edi relawan Borneo Rescue datang dari Kalsel hingga provinsi tetangga. Meski berpusat di Banjarbaru namun penanganan bencana dan kedaruratan tetap dilakukan untuk lingkup Kalsel hingga nasional.

Baca juga: Sudah Mangsa 4 Ayam Bangkok, Ular Piton di Banjarmasin Ini Diamankan Tim Animal Rescue

Baca juga: Bantu Korban Bencana Malang Borneo Rescue Kirim Tiga Relawan

Baca juga: VIDEO Tim Animal Rescue Banjarmasin Evakuasi Buaya Muara di Handil Bakti Batola

Baca juga: Terjunkan 11 Anggota, Tim Animal Rescue Banjarmasin Evakuasi Buaya Muara di Handil Bakti Batola

"Kita melatih kaula muda untuk ikut peduli terhadap musibah yang dihadapi orang lain dengan menjadi relawan," tambahnya.

Sementara salah satu pendiri, Ibnu Sina mengatakan komunitas yang dibangun atas dasar kepedulian terhadap bencana maka akan berlangsung lama keberadaan. Pasalnya relawan akan selalu dibutuhkan setiap terjadinya bencana maupun musibah.

"Meskipun kita tidak ingin bencana itu terjadi. Dengan adanya Borneo Rescue ini kita hadir untuk Indonesia," ujar wali kota Banjarmasin ini.

Launching Borneo Rescue sendiri dilakukan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdaprov Kalsel Faturrahman secara simbolis dengan pemotongan tumpeng.
(banjarmasinpost.co.id/Milna sari).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved