Breaking News:

Berita Kotabaru

Bappeda Kabupaten Kotabaru Tak Lagi Berwenang Jalankan Forum CSR

Forum CSR semula di Bappeda Kotabaru, kemudian diambil alih Setda Kotabaru. Forum CSR bertujuan membantu anggaran daerah untuk bangun infrastrktur.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kenginan Komisi III DPRD Kabupaten Kotabaru mengaktifkan lagi forum CSR (Corporate Sosial Responsibility) perusahaan, masih belum mendapat solusi.

Semula, gagasan ini untuk bisa membantu kabupaten yang berada di wilayah Kalimantan Selatan tersebut dalam hal pemerataan dan percepatan pembangunan.

Mengingat, terjadi devisit anggaran dialami pemerintah daerah. Hal ini dinilai sebagai imbas dari refocusing dana untuk penanganan Covid-19. 

Kewenangan pembinaan Forum CSR di Kabupaten Kotabaru, tidak lagi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Adanya, di Sekretariat Daerah (Setda) Kotabaru.

Baca juga: APBD Kotabaru 2022 Rp 1,3 Triliun, Wakil Ketua Komisi III: Forum CSR Harus Dihidupkan

Baca juga: Warga Tunggu Air Surut, Baru Bisa Lintasi Jalan di Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru

Hal ini diakui Kepala Bappeda Kotabaru, Rurien Srihardjanti. "Sudah diambil alih Setda, kalau tidak Bagian Ekonomi atau Bagian Pembangunan. Makanya, tidak jalan," jelas Rurien kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (2/5/2021).

Seandainya Forum CSR di Kabupaten Kotabaru ini masih menjadi bagian dari Bappeda, ia memastikan, bisa berjalan sesuai harapan. "Tidak ada kegiatan, sejak tidak lagi di kami," imbuhnya.

Sebelumnya, Waket Komisi III DPRD Kotabaru Gewsima Mega Putra, mengatakan, banyak infrastruktur terutama jalan mengalami kerusakan.

Dia tidak menepis, anggara pemeliharaan dialokasikan sebesar Rp 4 miliar cukup kecil. Sedangkan alokasi itu, untuk pemeliharaan semua jalan wilayah Kabupaten Kotabaru.

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Empat Kios Kontrakan Ludes, Reskrim Polres Kotabaru Lakukan Penyelidikan

Baca juga: VIDEO Knalpot Bising Pemicu Balapan Liar, Satlantas Kotabaru Musnahkan Ratusan Buah Hasil Operasi

Oleh karena itu, ia menyarankan Forum CSR di Kabupaten Kotabaru diakomodasi Bappeda agar diaktifkan lagi, sehingga perencanaan dibuat pemerintah daerah terintegrasi dengan perusahaan-perusahaan.

"Jadi, forum CSR berkantor di sana (Bappeda). Ketika ada pembahasan perencanaan, ada di forum diskusi tadi,"  ucapnya belum lama tadi. 

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved