Breaking News:

Berita Palangkaraya

Kawasan Semak Belukar Rawan Kebakaran Lahan di Palangkaraya Instensif Dipantau Polisi

Mulai terjadinya kebakaran lahan di pinggiran Jalan Trans Kalimantan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah jadi perhatian serius tim penanggulangan kebak

banjarmasinpost.co.id /faturahman
Petugas Karhutla Polda Kalteng yang melakukan patroli keliling untuk mencegah kebakaran lahan di kawasan rawan terbakar. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARNASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Mulai terjadinya kebakaran lahan dipinggiran Jalan Trans Kalimantan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah jadi perhatian serius tim penanggulangan kebakaran lahan Kalteng secara intensif dilakukan pemantauan, hingga Minggu (2/5/2021).

Dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan yang saat ini, mulai terjadi petugas sedini mungkin melakukan kesiagaan dengan melakukan patroli skala besar serta melakukan latihan pemadaman kebakaran lahan gambut yang biasanya terjadi saat hujan jarang turun yang menyebabkan semak belukar mengering.

Tim Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Polda Kalteng, terus melaksanakan patroli skala besar dan menggelar latihan penggunaan alat pemadam kebakaran, secara rutin dalam masa saat ini, karena dinilai kebakaran sangat berpotensi terjadi di Palangkaraya.

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol K. Eko Saputro, mengungkapkan, patroli skala besar terus dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan yang saat ini sangat berpotensi terjadi karena bayak lahan belukar yang mengering, sehingga harus dilakukan pencegahan.

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Empat Kios Kontrakan Ludes, Reskrim Polres Kotabaru Lakukan Penyelidikan

Baca juga: Kebakaran Lahan Kalteng, Terbanyak Terjadi di Bulan April 2021 Sebanyak Tujuh Kali

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Warga Geger Api Mengamuk di Sungaitaib Kotabaru

"Kami sedini mungkin melakukan pencegahan Karhutla dengan cara memantau kawasan yang rawan terbakar secara rutin. Ketika kami menemukan api atau kebakaran saat patroli, petugas segera melakukan pemadaman. Jangan sampai api tersebut semakin besar dan semakin luas," ujarnya.

Saat melakukan patroli, tim siaga Karhutla, melaksanakan patroli di tempat-tempat yang rawan kebakaran lahan, seperti di Jalan Mahir Mahar, Jalan George Obos, Jalan Tjilik Riwut dan Jalan Temanggung Tilung di Palangkaraya yang selama ini dikenal sebagai kawasan sering terjadi kebakaran semak belukar. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved