Breaking News:

Berita Tanahlaut

Lindungi Atlet dari Risiko Cedera, Dispora Tala Minta Pengcab Sisihkan Dana Hibah untuk Asuransi

Dispora Tanahlaut (Tala)meminta pengcab mengasuransikan para atletnya dengan menyisihkan dana hibah yang diterima

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ASURANSI - Sekretaris Dispora Tala Rudi Imtihamsyah menyampaikan usulannya tentang perlunya atlet, pelatih, dan asisten pelatih mendapatkan asuransi pada Rakor antara Pemkab Tala dengan BPJS Ketenagakerjaan di Gedung Sarantang Saruntung, beberapa hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Aktivitas atlet olahraga selalu berisiko cedera. Karenanya, mereka perlu dilindungi melalui penjaminan penanganan kesehatan jika mengalami cedera fisik.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta para pengurus cabang (pengcab) olahraga di daerah ini mengasuransikan para atlet masing-masing.

Sekretaris Dispora Tala Rudi Imtihamsyah menuturkan selama ini pengasuransian yang dilakukan masih bersifat insidentil yakni ketika atlet mengikuti event.

Padahal risiko cedera, sebut Rudi, tak hanya saat berlaga atau bertanding. Tapi juga saat latihan, termasuk dalam perjalanan ketika hendak menuju tempat latihan maupun sepulang dari tempat latihan.

Baca juga: Dispora Tala Gembleng Tim Kreatif, Begini Konsep Pemasifan Keolahragaan

Baca juga: Sepekan Ditawarkan Dispora Tala, Tiga Pihak Minati Kelola Kolam Renang Tirta Kenanga Pelaihari

Baca juga: Pelajar Tala Bertarung Pada Popda 2020, Petinggi Dispora Tala Ungkapkan Hal ini

"Karena itu atlet perlu diasuransikan secara khusus sehingga tiap saat ketika terjadi cedera di mana pun dan kapan pun, pengobatannya sudah terjamin," ucap Rudi, Minggu (2/5/2021).

Ia lantas menyebutkan insiden yang baru saja menimpa seorang atlet tinju, 12 April lalu.

"Dia mengalami laka lantas di Bekatung saat hendak latihan di Pelaijari. Tabrakan sesama pengendara roda dua. Tulang tangan kanannya retak," papar Rudi.

Akibat cedera itu, ia memastikan atlet tinju dari Takisung tersebut tidak bisa mengikuti Popda pada Juni/Juli nanti di Banjarmasin.

"Walau pun misalnya yang bersangkutan berani karena sudah merasa sembuh, kami tetap tidak merekomendasikan karena pasti labil kondisi tulang tangannya yang retak," tandasnya.

Dikatakannya, tiap pengcab mendapat dana hibah dari pemerintah daerah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved