Breaking News:

Bisnis Rotan Kalteng

Menilik Bisnis Rotan Kalteng, Masih Banyak Terdapat di Pinggiran Sungai

Tumbuhan rotan merupakan tumbuhan yang masuk kategori tanaman ikutan yang biasanya tumbuh diantara pohon hutan yang ada dipinggiran hampir semua Sunga

banjarmasinpost.co.id / faturahman
Rotan mentah di Pelangsian Kotim, Kalteng. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Tumbuhan rotan merupakan tumbuhan yang masuk kategori tanaman ikutan yang biasanya tumbuh diantara pohon hutan yang ada dipinggiran hampir semua Sungai.

Kalimantan Tengah masih banyak terdapat tanaman rotan yang kebanyakan tumbuh dipinggiran Sungai Kahayan, Sungai Katingan, Sungai Mentaya, DAS Barito dan masih banyak lagi sungai lainnya yang ada di Bumi Tambun Bungai.

Bagi warga yang bermukim dipinggiran Sungai di Kalimantan Tengah, tanaman rotan merupakan salah satu tanaman yang menjadi mata pencaharian warga setempat untuk dijadikan usaha untuk dijual.

Bahkan , pemanfaatan rotan sudah dilakukan warga dipinggiran sungai sudah sejak dulu secara turun-temurun hingga saat inipun bisnis rotan masih menjanjikan bagi sebagian warga pinggiran sungai.

Baca juga: VIDEO Petani Rotan Kalteng Kembali Bergairah Harga Rotan Mulai Naik

Baca juga: Dongkrak Sektor Kerajinan Rotan Pengrajin di Kapuas, Ini Upaya Disdagperinkop

Meskipun, bisnis rotan tersebut setelah adanya larangan menjual rotan mentah keluar negeri tingkat penjualannya tidak sebesar dulu saat rotan masih boleh dijual keluar negeri. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved