Breaking News:

Bisnis Rotan Kalteng

Menilik Bisnis Rotan Kalteng, Pembeli Makin Banyak Petani Kekurangan Stok

Bisnis rotan di Kalimantan Tengah, kini mulai kembali bergairah setelah harga rotan mulai kembali naik dan petani rotan sudah siap untuk memanen kebun

banjarmasinpost.co.id / faturahman
Pembersih rotan di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT- Bisnis rotan di Kalimantan Tengah, kini mulai kembali bergairah setelah harga rotan mulai kembali naik dan petani rotan sudah siap untuk memanen kebun rotannya.

Beberapa pengusaha rotan di Kecamatan Seranau, Kotawaringin Timur, mengaku senang adanya kenaikkan harga rotan tersebut, sehingga mereka bisa kembali bergairah menjual rotan karena transportasi makin lancar.

Beberapa pengusaha rotan di Kotim mengaku saking banyaknya pembeli mereka kehabisan stok untuk memenuhi kebutuhan rotan untuk pembeli yang datang, karena jumlah pembelian sangat banyak.

Haris salah satu pengusaha rotan di Seranau, mengatakan, pihaknya selama ini mengirim hingga satu kontiner ke Pulau Jawa untuk kebutuhan permintaan rotan mentah tetapi tetap kurang karena banyaknya permintaan.

Baca juga: Menilik Bisnis Rotan Kalteng, Menunggu AturanTentang Tata Kelola Rotan

"Untuk pembudidayaan rotan itu diperlukan waktu hingga sekitar 3 sampai 5 tahun siap untuk dijual, kami banyak punya kebun rotan, setiap panen selalu habis dibeli, jadi saat ini tinggal barangnya saja yang harus diperbanyak karena permintaan tinggi," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved