Breaking News:

Berita Tabalong

Perpustakaan Desa Kampung Pintar Tabalong Raih Juara Pertama, Begini Harapan Kadispersip Kalsel

Perpustakaan Desa Kampung Pintar Kabupaten Tabalong menduduki posisi pertama dalam program lomba perpustakaan desa atau kelurahan Se Kalsel

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Hari Widodo
Nurliani untuk BPost
Tim penguji Dispersip Kalsel kunjungi Perpustakaan Desa Kampung Pintar Kabupaten Tabalong, Kalimatan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Keberhasilan Perpustakaan Desa Kampung Pintar Kabupaten Tabalong menduduki posisi pertama dalam program lomba perpustakaan desa atau kelurahan Se kalimantan Selatan disambut harapan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kadispersip Kalsel), Dra Hj Nurliani, MAP.

Bunda Nunung sapaan akrab Kadispersip Kalsel menjelaskan, Runner up lomba Perpustkaan desa atau Kelurahan Se Kalsel adalah Perpustakaan Berkat Ilmu Desa Tambak Sirang Laut, Gambut.

Kemudian, disusul Perpustakaan Antam Desa Tambalangan, Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara di peringkat ketiga.

"Saya berharap perpustakaan Desa Kampung Pintar dapat meningkatkan lagi nilai yang sudah diperoleh sehingga kedepan dapat mengharumkan Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat nasional saat juri dari Perpustakaan Nasional RI menilai," pungkasnya.

Baca juga: Bupati Banjar Serahkan Hadiah Lomba Perpustakaan Desa

Baca juga: KalselPedia - Minim, Honor Pengelola Perpustakaan Laskar Pelang Mahela Kabupaten HST

Baca juga: KalselPedia - Perpustakaan Laskar Pelangi Wakili Kabupaten HST di Tingkat Provinsi

Perpustakaan desa, menurut Nurliani, penopang dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian desa yang selanjutnya direplikasi menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

"Perpustakaan desa juga merupakan salah satu penopang indikator Provinsi Kalsel untuk meraih nilai tertinggi indeks pembangunan manusia se -Indonesia 2020," ujar Nurliani. 

Untuk mewujudkan nilai tersebut, beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya, ketersediaan buku bacaannya, sarana dan prasarana, sirkulasi buku, keanggotaan dan komitmen pemerintah dalam mengembangkan layanan perpustakaan desa serta keterlibatan masyarakatnya. 

Kedepan harapan bersama akan semakin banyak bermunculan perpustakaan desa yang dapat mewakili Kalsel di kancah nasional. (Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved