Breaking News:

Berita Balangan

VIDEO Polres Balangan Sita 15 Unit Knalpot Brong, Imbau Pengendara Gunakan Spare Part Standar

Suara knalpot yang bising dan diluar standar, membuat warga terganggu sehingga Satlantas Polres Balangan, Kalsel, menganankan 14 motor.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Berdasarkan laporan masyarakat perihal aktivitas balapan liar yang dianggap menggangu pada beberapa wilayah di Balangan, Polres Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), bergerak cepat. 

Jajaran Polres Balangan berhasil mengamankan sejumlah sepeda motor yang dianggap menyalahi aturan atau tidak sesuai spesifikasi. Terutama pada bagian knalpotnya.

Suara knalpot motor yang bising dan di luar standar, membuat warga terganggu akan kebisingan tersebut.

Kemudian, petugas Satlantas Polres Balangan melakukan pengamanan terhadap pengendara yang sepeda motornya memiliki knalpot bising tidak sesuai spesifikasi. 

Baca juga: Dinkes Provinsi Kalsel Sosialisasikan Pembinaan Program Gizi di Kabupaten Balangan

Baca juga: Polres Balangan Kalsel Mengungkap 14 Kasus Tindak Pidana, Amankan 12 Tersangka

Sebanyak 15 knalpot bising diamankan di Polres Balangan. Bukan hanya knalpot sepeda motor, sebelumnya juga dilakukan tilang kepada para pengguna sepeda motor tersebut. 

Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menerangkan, sebagaimana bunyi pasal 285 Ayat 1 UU LAJ, yakni setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

"Kami juga sudah membentuk tim untuk menindak pelanggaran di lapangan terutama pada kegiatan remaja yang sifatnya menjelang buka puasa dan sahur," ucapnya saat ekspose hasil tindakan mengamankan knalpot brong, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Polsek Halong Amankan 61 Botol Alkohol dari Arena Biliar di Tabuan Kabupaten Balangan

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Pj Gubernur Tinjau Vaksinasi Massal di Kabupaten Balangan

Ia pun berharap masyarakat terutama remaja di Kabupaten Balangan agar tidak melakukan aktivitas balapan motor di jalan.

Karena, dia tekankan, hal tersebut dianggap sangat mengganggu masyarakat dan dapat membahayakan serta dapat menyebabkan kecelakaan. 

Pada kesempatan yang sama, AKBP Nur Khamid juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar di dalam berkendaraan tetap tertib lalu lintas dan melengkapi kelengkapan surat kendaraan.

Sehingga nantinya, seluruh kegiatan yang dilakukan benar-benar berjalan baik khususnya dalam keamanan dan kenyamanan berkendara. 

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved