Breaking News:

Berita Kalteng

Uang Pecahan Logam Rp 100 Ribu Viral di Medsos, Kepala Bank Indonesia Kalteng Tegaskan Hoaks

Beredarnya uang pecahan logam senilai Rp100 ribu yang marak jadi perbincangan di media sosial (Medsos)

istimewa
Beredar foto uang koin Rp100 di media sosial hoaks. Bank Indonesia belum pernah mengeluarkan uang koin Rp100 ribu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Beredarnya uang pecahan logam senilai Rp100 ribu yang marak jadi perbincangan di media sosial (Medsos) menjadi perhatian kalangan netizen Kalimantan Tengah yang berminat untuk mendapatkannya.

Uang koin Rp100 ribu tersebut muncul dan beredar di media sosial jelang Hari Raya Idul Fitri dan disebut-sebut untuk tunjangan hari raya (THR) sehingga menjadi perhatian kalangan netizen, tak terkecuali yang ada di Kalimantan Tengah yang ingin berburu uang logam tersebut.

"Selama ini belum ada uang logam Rp100 ribu rupiah, saya liat agak unik makanya saya berusaha untuk mendapatkannya, karena ingin mengoleksinya," ujar Fathian salah satu warga Palangkaraya, Senin (3/5/2021).

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando, mengungkapkan, pihaknya sudah memantau foto uang logam yang ramai di jejaring pesan instan dan media sosial terkait uang koin pecahan Rp 100.000 tahun 2021-2030 tersebut.

Baca juga: Jelang Lebaran 2021, Penjual Jasa Penukaran Uang Pecahan Baru Mulai Marak di Banjarmasin

Baca juga: Uang Pecahan Rp 75.000 Bisa Dipesan Lagi, BI Dorong Jadi Alat Tukar dan THR Lebaran

"Kami memastikan tidak pernah mengeluarkan uang Rp 100 ribu dalam bentuk pecahan koin seperti isu yang beredar pada tahun ini, dan kabar yang beredar di media sosial tersebut , kabar itu adalah tidak benar atau hoaks," ujarnya.

Dia meminta agar masyarakat mengecek kebenarannya lebih dulu.  Apabila terdapat informasi baru atau informasi yang meragukan bisa dilihat dan ditanyakan pada medsos resmi Bank Indonesia atau hubungi contact center BI yaitu BICARA 131*

Seluruh bentuk uang yang dikeluarkan atau diedarkan oleh Bank Indonesia, baik gambarnya, bahan/materialnya, maupun pecahannya dapat dicek pada website Bank Indonesia pada menu rupiah, atau dapat diakses pada link *https://www.bi.go.id/id/rupiah/gambar-uang/Default.aspx*

Dia mengatakan,  belum lama ini, Bank Indonesia mengedarkan uang pecahan baru senilai Rp75 ribu* (Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp75.000. UPK 75 Tahun RI merupakan alat pembayaran yang sah (legal tender) dan dapat digunakan dalam transaksi keuangan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Promosikan Penggunaan Pecahan Rp 75 Ribu Sebagai THR, BI Permudah Penukaran Uang Edisi Kemerdekaan

Bagi masyarakat yang belum mendapatkannya, dapat langsung menukarkan di kantor Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Jalan Ade Irma Suryani Nasution, Kota Palangkaraya.

"Masyarakat yang ingin menukar dapat melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR (https://pintar.bi.go.id), menggunakan 1 KTP untuk menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun RI setiap harinya dan dapat diulang pada hari berikutnya," ujar Rihando. (Banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved