Breaking News:

Berita Tanahlaut

Warga Atuatu Kabupaten Tala Ini Berencana Buka Usaha Pascapelatihan di BLK

Warga dapat pelatihan kerja di UPT BLK Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tala yang berada di kawasan Jalan A Syairani, Pelaihari.

Penulis: Idda Royani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
Peserta pelatihan keterampilan Jurusan Garmen di Balai Latihan Kerja Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan, sedang membuat busana, Senin (3/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID,  PELAIHARI - Puluhan warga Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), intens latihan keterampilan tangan.

Mereka berlatih di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Kabupaten Tala yang berada di kawasan Jalan A Syairani, Kota Pelaihari

Kepala UPT BLK Tanahlaut, Paryanto, Senin (3/5/2021), menyebutkan, ada tujuh jurusan yang saat ini dibuka, termasuk Jurusan Garmen (menjahit) dan Jurusan Las.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, para peserta pelatihan antusias belajar keterampilan pada jurusan masing-masing. Mereka menyimak dan mempraktikan, sesuai arahan dari instruktur dari BLK Tanahlaut.

Baca juga: Mahadang Dauh Kian Eksis, Wabup Tanahlaut Pun Turut Nonton

Baca juga: Berisiko Diseruduk hingga Disepak Sapi, Petugas Non ASN/PTT di Tala Belum Diasuransikan

Seperti Endang Purwanti yang terlihat konsentrasi penuh di depan mesin jahit beserta peserta lainnya. Warga Kompleks CIP Desa Atuatu Kecamatan Pelaihari ini tekun mengasah kemampuannya, mulai dari membikin pola, memotong kain, menjahit hingga mengobras.

"Alhamdulillah dapat ilmu yang sangat bermanfaat di BLK Tanahlaut ini. Saya sudah lumayan menguasai teknik yang baik dalam hal menjahit busana," ucap single parent satu anak ini.

Ia menuturkan, mulai mengikuti pelatihan sejak sekitar pertengahan Maret 2021 lalu. Tiap hari dirinya tekun menggali ilmu menjahit di BLK Tanahlaut, sejak pagi hingga sore.

Setelah kelak menuntaskan pelatihan, perempuan ramah yang akrab disapa Mama Rika ini berencana membuka usaha menjahit.

Baca juga: Suami Gantung Diri di Toko Bangunan di Pelaihari Kabupaten Tala, Begini Penuturan Istri

Baca juga: VIDEO Karyawan di Toko Bangunan di Tanahlaut Ditemukan Tewas Gantung Diri

Ia optimistis usaha itu prospektif dan dapat menjadi sumber penghasilan yang potensial.

Senada diutarakan Arif Arianto, peserta pelatihan pada Jurusan Las. Ia mengaku mendapatkan ilmu bermanfaat sejak mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan di BLK Tanahlaut.

Pemuda alumni SMKN 1 Pelaihari ini mengaku telah menguasai teknis mengelas yang tepat/baik. Skill itu membuatnya lebih percaya diri menatap masa depan.

"Setelah selesai pelatihan saya akan ikut paman bekerja di tambang. Mudah-mudahan keterampilan mengelas yang saya kuasai memudahkan langkah ke depan saya," tandas warga Desa Kunyit, Kecamatan Pelaihari, ini.

(Banjarmasinpost.co.id/Roy)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved