Breaking News:

Beruang Madu Masuk Kota

Beruang Madu Masuk Kota Pagatan Harus Dilumpuhkan Karena Ancam Warga

Beruang Madu, tiba-tiba muncul di wilayah perkotaan padat penduduk di Pagatan tepatnya Desa Batuah Kecamatam Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu).

banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Beruang Madu di Tanahbumbu yang sempat sembunyi di semak-semak. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID. BATULICIN - Beruang Madu, tiba-tiba muncul di wilayah perkotaan padat penduduk di Pagatan tepatnya Desa Batuah Kecamatam Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu).

Beruang madu telah dilindungi di Indonesia sejak 1973. Ini adalah ilegal untuk diperdagangkan atau memiliki beruang madu dan bagian-bagian tubuhnya.

Hal ini juga berlaku bagi banyak spesies langka dan terancam punah lainnya seperti orangutan, bekantan, dan macan tutul. Hutan-hutan Dipterocarpaceae dataran rendah Kalimantan sangat kaya akan keanekaragaman hayati.

Sayangnya, hutan ini cepat dihancurkan oleh penebangan pohon yang berlebihan, konversi menjadi perkebunan kelapa sawit, dan kebakaran hutan. Tanah longsor, erosi, kekeringan lokal dan banjir, yang meningkat frekuensinya karena eksploitasi yang berlebihan dan perusakan.

Baca juga: Beruang Madu Mulai Masuk area Kota Pagatan Kabupaten Tanahbumbu

Baca juga: Beruang Madu Mati, Setelah Masuk Permukiman di Pagatan Kabupaten Tanbu

Baca juga: WEEKLY ANIMAL - Yuk Kenalan dengan Mila Beruang Madu di Tahura Mandiangin, Begini Cara Merawatnya

Baca juga: VIDEO - WEEKLY ANIMAL GENDONG BERUANG JINAK! Di Tahura Sultan Adam Mandiangin

Dengan munculnya beruang madu di wilayah perkotaan dan merusak tanaman warga, menjadi salah satu faktornya diduga karena habitatnya sudah mulai terganggu.

Pasalnya, menurut Kapolsek Kusan Hilir, informasi beruang yang muncul sudah benerapa hari lalu. Sebab ada pengrusakan dari Desa Pulau Salak, Betung hingga Desa Batuah.

" Bersama forkopimca saat mencoba menangkap, kesulitan dan bahkan membahayakan masyarakat yang padat penduduk sehingga diambil langkah terukur untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved