Breaking News:

Berita Banjarmasin

Jelang Idul Fitri 2021, Pj Wali Kota Banjarmasin Sidak Hypermart Duta Mall Banjarmasin

Sidak ke beberapa pusat perbelanjaan atau retail modern dilakukan oleh Pemko Banjarmasin menjelang lebaran Idul Fitri 2021/1442 H

banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
PLH Sekda Banjarmasin, Mukhyar (kiri) turut memeriksa produk yang dipajang di Hypermart, Selasa (4/5/2021).   

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sidak ke beberapa pusat perbelanjaan atau retail modern dilakukan oleh Pemko Banjarmasin menjelang lebaran Idul Fitri 2021/1442 H.

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, retail modern yang disasar oleh Pemko Banjarmasin di antaranya adalah Hypermart Duta Mall Banjarmasin, Selasa (4/5/2021).

Penjabat Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen pun turut hadir langsung memantau jalannya sidak tersebut.

Para petugas yang di antaranya juga terdiri dari Balai Besar POM Banjarmasin ini pun memeriksa satu per satu barang dagangan yang dipajang di berbagai lemari etalase.

Baca juga: Satgas Pangan Sidak Ritel dan Pasar Tradisional di Kotabaru, Cek Harga dan Persedian Bahan Pokok

Baca juga: BPOM HSU Kembali Sidak di Pasar pada Wilayah Balangan, Ambil Sampling Produk Makanan Mencolok

Baca juga: VIDEO BPOM HSU Datangi Pasar di Balangan, Beli Makanan Mencurgiakan Lalu Diuji

Adapun yang diperiksa saat itu di antaranya adalah masa kadaluarsa (expired, red) dari barang dagangan yang dipajang.

"Seperti biasa mendekati lebaran kita memantau barang yang dijual ke konsumen," ujar Akhmad Fydayeen.

Dia pun mengingatkan agar setiap bahan makanan yang sudah mendekati masa kadaluarsa untuk segera ditarik dan tidak dipajang di etalase.

"Kita minta kepada pengelola untuk mengembalikan barang yang beberapa hari lagi masuk masa kadaluarsa agar diganti yang baru," katanya.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar POM di Banjarmasin, Hartono mengaku menemukan keripik singkong olahan UMKM yang sudah mendekati expired.

"Memang sudah bulannya mendekati expired. Jadi memang mau tak mau kita amankan," tegasnya.

Pihaknya pun meminta agar masyarakat menjadi konsumen cerdas, dengan cara mencek kemasan, label, izin edar hingga masa kadaluarsanya.

"Biasanya yang perlu diwaspadai mendekati lebaran itu seperti biskuit, pangan segar seperti daging dan pangan beku," katanya.

Sedangkan Store Manager Hypermart Duta Mall Banjarmasin, Jefry Donovan mengklaim, bahwa produk yang dijual semuanya aman. Karena pihaknya sangat memperhatikan masa kadaluarsa setiap produk makanan yang dijual di tempatnya.

Baca juga: Dinas Perdagangan Kalsel Gelar Pasar Murah Hingga Jelang Idulfitri 1442 H

Bahkan di setiap hari Selasa, pihaknya melakukan pengecekan masa kadaluarsa seluruh produk. Kemudian di Sabtu dan Minggu melakukan pengecekan barang yang baru atau masih fresh.

"Setiap Selasa kita lakukan pengecekan barang non fresh. Kemudian Sabtu dan Minggu barang-barang fresh. Kalau ada ditemukan maka akan diretur ke supplier untuk dimusnahkan," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved