Breaking News:

KalselPedia

KalselPedia - Latihan Memainkan Musik Panting di SMAN 2 Paringin Kabupaten Balangan

Guru SMAN 2 Paringin Kabupaten Balangan membimbing siswa-siswi memainkan alat musik panting. Kegiatan ini ada dalam ekstrakurikulernya.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Siswamemainkan musik panting yang merupakan ekstrakurikuler di SMAN 2 Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Meski di tengah pandemi Covid-19, siswa SMAN 2 Paringin tetap ada yang beraktivitas di sekolah.

Sekolah ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kompleks Pendidikan Terpadu, Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan seni itu untuk pembinaan ekstrakurikuler. Mereka yang datang ke sekolah, wajib menerapkan protokol kesehatan.

Dalam binaan tenaga pembimbing yang juga merupakan guru sekolah setempat, siswa memainkan alat musik tradisional.

Baca juga: Kalselpedia - Program Bilingual Pernah Dijalankan SMAN 2 Paringin Kabupaten Balangan

Mereka adalah  para siswa yang mengambil ekstrakurikuler Musik Panting di sekolah yang sering disebut Smandupa ini. Kemudian, sejumlah lagu banjar mereka nyanyikan bersama. 

Kepala SMAN 2 Paringin, Rakhmiati, Selasa (4/5/2021), menerangkan, kegiatan ekskul tersebut selaras dengan program sekolah untuk mengembangkan atau melestarikan budaya daerah.

Selain itu, adanya dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Kalsel, membuat ekskul tersebut terus berkembang.

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan pada bidang kebudayaan.

Baca juga: KalselPedia - SMAN 2 Paringin Berkomitmen Menjadi School of Champions

"Segala fasilitas untuk ekskul musik panting ini dari Disdikbud Kalsel dan sinkron dengan program pendidikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan. Sehingga pihak kabupaten mengadakan pembinaan dalam program musik panting dan siswanya dari Smandupa," ucap Rakhmi, Selasa (4/5/2021).

Pengembangan kesenian tradisional menjadi program unggulan di SMANDUPA. Selain musik panting, ada beberapa kesenian tradisional yang juga ditingkatkan pada sekolah tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved