Breaking News:

Berita Nasional

Kapolri Perintahkan Sanksi Wisatawan Ketahuan Positif Covid-19, Isi Surat Telegram Kapolri

Kapolri menginstruksikan kapolda melakukan koordinasi dengan kementerian, lembaga atau dinas terkait, Satuan Tugas Covid-19, dan pengelola wisata.

Editor: Anjar Wulandari
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Foto Ilustrasi. Wisatawan asing atau bule sedang menikmati susur sungai Banjarmasin. Kapolri Perintahkan Sanksi Wisatawan Ketahuan Positif Covid-19, Isi Surat Telegram Kapolri 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Libur Lebaran 2021 segera tiba. Meskipun pemerintah menerbitkan aturan larangan mudik 2021, namun tidak dipungkiri adanya masyarakat yang masih membandel.

Untuk mengantisipasi penularan covid-19 selama libur Lebaran 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun mengirimkan telegram kepada Kapolda di daerah.

Kapolri menginstruksikan kapolda melakukan koordinasi dengan kementerian, lembaga atau dinas terkait, Satuan Tugas Covid-19, dan pengelola wisata.

Tujuannya untuk membentuk satgas di lokasi wisata selama masa libur Idul Fitri untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Potensi Kerumunan di Pusat Perbelanjaan, Satgas Covid-19 Banjarmasin Ingatkan Ini

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 di Malaysia Tembus 30.000, Lonjakan Pasien ICU Terjadi

Kapolri juga meminta agar ada tes swab antigen di lokasi wisata untuk para wisatawan.

Jika ada wisatawan yang ketahuan positif Covid-19, harus ada sanksi. Namun, soal sanksi yang diberikan tidak disebutkan secara detail.

"Pemberian sanksi manakala terdapat wisatawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada saat berwisata," kata Sigit dalam Telegram.

Hal ini disampaikan Sigit melalui surat telegram nomor STR/336/IV/PAM.3.2./2021 yang ditandatangani Asops Kapolri Irjen (Pol) Imam Sugianto. Surat telegram bertanggal 30 April 2021.

Rombongan turis susur sungai di kawasan Wisata Hutan Bekantan Panjaratan, beberapa waktu lalu.
Foto Ilustrasi wisatawan. Rombongan turis susur sungai di kawasan Wisata Hutan Bekantan Panjaratan, beberapa waktu lalu. (Banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Telegram itu ditujukan kepada para kapolda untuk mengawasi tempat-tempat wisata di daerah masing-masing selama masa libur Idul Fitri.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved