Breaking News:

Berita Balangan

Mobil PCR Dinkes Balangan Akhirnya Dapat Rekomendasi untuk Hasil Tes Swab PCR

Setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya mobil PCR Dinkes Balangan mendapatkan rekomendasi dari Dinkes Balangan Provinsi Kalsel.

Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA melihat mobil PCR yang dimiliki Dinkes Kabupaten Balangan. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya mobil PCR Dinkes Balangan mendapatkan rekomendasi dari Dinkes Balangan Provinsi Kalsel. Pasalnya, mobil ini merupakan armada berjalan atau laboratorium mobile yang digunakan untuk pemeriksaan Covid 19.

Mobil PCR yang pembeliannya mencapai Rp 3,8 M tersebut dimanfaatkan untuk percepatan pengecekan Covid 19 bagi warga yang diduga terpapar. Selain itu juga bermanfaat untuk pengecekan virus SARS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif menerangkan, surat rekomendasi diterima pada 26 April kemarin. Lantas, adanya surat tersebut membuat hasil tes PCR dari lab mobile tersebut bisa dimanfaatkan untuk sejumlah keperluan.

"Manfaat dari surat rekomendasi ini artinya kami sudah resmi terkoneksi dengan fasilitas yang lain. Sehingga hasil swab PCR dari mobil PCR bisa digunakan kemana-mana," ucap Erwan, Senin (3/5/2021).

Baca juga: VIDEO GTPP Covid-19 Kalsel Akan Ajukan Usulan Permintaan Mobil PCR

Baca juga: Risma Tiba-tiba Ngamuk Mobil PCR Tinggalkan Surabaya, Kepala BPBD Jatim Malah Sebut Ini

Lebih lanjut jelasnya, mobil PCR siap melayani masyarakat untuk pemeriksaan hasil swab secara gratis. Fasilitas tersebut akan digunakan secara mobile dan jemput bola ke desa-desa yang membutuhkan.

Sebagaimana diketahui, mobil PCR ini merupakan laboratorium keliling yang dapat memeriksa Covid 19 dan virus sejenisnya. Bahkan hasil pemeriksaan dapat keluar dalam hitungan jam.

Pada kunjungan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Minggu (2/5/2021) kemarin, ia juga menyempatkan untuk melihat laboratorium mobile tersebut. Bahkan Safrizal mempertanyakan beberapa hal tentang hasil pemeriksaan.
(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved