Breaking News:

Berita Kotabaru

PDAM Kotabaru Berlakukan Penggiliran Distribusi, Warga Minta Air ke Tetangga

Krisis air bersih dampak diberlakukan penggiliran distribusi ke pelanggan, akibat mengecilnya debit air baku di wilayah layanan PDAM benar-benar diras

Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Humas PDAM Kotabaru Syarwani, beberapa waktu mengecek bangunan embung Tirawan, Desa Tirawan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kotabaru. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Krisis air bersih dampak diberlakukan penggiliran distribusi ke pelanggan, akibat mengecilnya debit air baku di wilayah layanan PDAM benar-benar dirasakan masyarakat.

Pelanggan di jalan Sukmaraga, salah satu wilayah yang terimbas penggiliran pun berjibaku mememuhi kebutuhan air bersih. Sementara tidak ada tempat penampungan memadai untuk mereka menyetok air ketika jadwal air mengalir.

Sri misalnya. Salah seorang pelanggan ini mulai mengeluhkan imbas penggiliran distribusi oleh PDAM. Sementara pasca kebakaran, ia mengaku tidak memiliki wadah tampungan yang memadai.

Akibatnya tidak hanya kegiatan mencuci dan mandi terbatas, pun air digunakan untuk buang air pun sangat terbatas. Saking krisisnya, untuk buang air sempat meminta stok air ke tetangga.

Baca juga: Atasi Krisis Air Bersih, Tiap Hari PMI HST Distribusikan Ribuan Liter ke Desa Terparah

Baca juga: Kotabaru Kalsel Terancam Krisis Air, PDAM Akan Optimalkan ini

Baca juga: Atasi Krisis Air, Petani Bungur Kabupaten Balangan Siapkan Sumur Bor

"Kering lalu, tidak ada air. Tidak mengalir, karena jalannya (mengalirnya) bergilir," ucapnya kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (4/5/2021).

Sementara itu, Humas PDAM Kotabaru Syarwani ditemui di kantornya mengatakan, saat ini kondisi embung Tirawan berada di posisi 30 sentimeter.

Dengan kondisi itu, menurut dia, pihaknya tidak bisa memaksimalkan pelayanan distribusi ke pelanggan. Kerena 30 sentimeter batad optimal pompa.

"Kalau pompa diturunkan, tidak bisa. Pasti mengisap lumpur," jelas Syarwani kepada banjarmasinpost.co.id.

Begitu juga kondisi intake gunung Perak, tidak bisa maksimal untuk melayani distribusi air ke pelanggan. Memenuhi kebutuhan air pelanggan, PDAM mensuplai dari embung gunung Ulin melalui IPA Gunung Relly.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved