Breaking News:

PSU Pilwali Banjarmasin

PSU Pilwali Banjarmasin 2020, Partisipasi Pemilih di 3 KelurahanMeningkat 10 Persen

Angka partisipasi pemilih di tiga kelurahan yang menjadi lokasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 di Kecamatan Banjarm

Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Warga di Kelurahan Basirih Selatan sedang menggunakan hak suaranya dalam PSU Pilwali Banjarmasin 2020. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Angka partisipasi pemilih di tiga kelurahan yang menjadi lokasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 di Kecamatan Banjarmasin Selatan mengalami peningkatan.

Seperti diketahui PSU Pilwali Banjarmasin 2020 dilaksanakan pada Rabu (28/4/2020) di Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya dan juga Kelurahan Basirih Selatan.

Sebelum dilakukannya PSU atau pada Pilwali Banjarmasin 2020 yakni 9 Desember 2020, angka partisipasi pemilih di tiga kelurahan ini hanya sekitar 51,7 persen.

Sementara setelah dilakukannya PSU, angka partisipasi pemilih di tiga kelurahan tersebut pun mencapai 62 persen.

Baca juga: Sah, Paslon AnandaMu Unggul di 3 Kelurahan PSU Pilwali Banjarmasin 2020

Baca juga: Rekapitulasi Hasil PSU Pilwali Banjarmasin 2020 Masih Berlangsung di Tingkat Kecamatan

Baca juga: Persiapan PSU Pilgub Kalsel 2020, KPU Banjarmasin Melantik Puluhan PPK dan PPS

Baca juga: Kalah di PSU, Namun Jadi Pemenang Pilwali Banjarmasin 2020, ini Kata Calon Wawali Petahana

"Jadi untuk partisipasi pemilih pada PSU kemarin itu meningkat. Secara umum pada 9 Desember lalu, partisipasi pemilih di tiga kelurahan ini cuma 51,7 persen. Dan setelah PSU mencapai 62 persen. Ada kenaikan sekitar 9-10 persen," ujar Taufiqurrakhman selaku Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Banjarmasin, Senin (3/5/2021).

Hal itu lanjut Taufiq tentunya menjadi hal yang sangatlah positif, karena menunjukkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya memberikan hak suara dalam pelaksanaan pilkada.

"Tentunya ini berita bagus, masyarakat sudah semakin banyak yang memiliki kesadaran menggunakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpin di Kota Banjarmasin," ucapnya.

Taufik juga mengaku, pihaknya sudah semaksimal mungkin melaksanakan sosialisai PSU bersama stakeholder terkait, untuk meningkatkan pemilih agar bisa memberikan hak suaranya di ajang PSU tersebut.

Dia juga berharap, pada pelaksanaan PSU Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel 2020 yang dilaksanakan 9 Juni 2021 mendatang, partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan akan terus meningkat.

"Karena pada 9 Juni nanti ada PSU Pilgub lagi, mudah mudahan nanti lebih tinggi lagi partisipasi masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Selatan," tutupnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved