Breaking News:

PT Arutmin Indonesia

PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Dukung Warga Sekitar Tambang

PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menggagas Program Madrasah Mandiri.

Foto PT Arutmin Indonesia untuk Banjarmasinpost.co.id
PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menggagas Program Madrasah Mandiri. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU-PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menggagas Program Madrasah Mandiri.

Program ini dinilai efektif untuk meningkatkan kemandirian sosial bidang keagamaan bagi warga sekitar tambang, khususnya seperti yang dirasakan Madrasah Nurul Iman, Desa Wilas, Kecamatan Kelumpang Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Adanya program madrasah mandiri rintisan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, dinilai sangat membantu bagi operasional madrasah. Terutama untuk menunjang gaji dewan guru.

“Sebelum adanya program Madrasah Mandiri ini, yang selalu membayarkan gaji dewan guru madrasah setiap bulannya adalah PT Arutmin Senakin,” ungkap Kepala Desa Wilas Usman.

Baca juga: PT Arutmin Tambang Asamasam Gelar Webinar Integrasi Pertanian dan Perternakan

Baca juga: PT Arutmin Indonesia Tambang Satui Renovasi Pos TNI AL

Baca juga: Bakrie Amanah dan PT Arutmin Indonesia Salurkan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

Baca juga: Arutmin Tambang Batulicin Resmikan Rumah Sasirangan dan Serahkan Bangunan Musala Desa Pulau Burung

Tapi, tambahnya, dengan adanya program Madrasah Mandiri ini untuk tunjangan gaji dewan guru setiap bulannya sudah tertutupi.

PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menggagas Program Madrasah Mandiri.
PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menggagas Program Madrasah Mandiri. (Foto PT Arutmin Indonesia untuk Banjarmasinpost.co.id)

Selain itu air yang dijual oleh usaha Madrasah Mandiri kualitas airnya sangat bagus dan hargapun terjangkau yaitu Rp 5 ribu.

Padahal sebelumnya masyarakat untuk keperluan air bersih untuk air minum harus mengambil jauh, tapi sekarang tidak lagi berkat adanya pengisian air minum isi ulang sistem RO (reverse osmosis) yang dikelola oleh Madrasah Nurul Iman Desa Wilas Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru.

Dikatakan Usman, dengan warga membeli air minum isi ulang di usaha Madrasah Mandiri ini secara tidak langsung tanpa disadari masyarakat sudah membatu operasional Madrasah Nurul Iman.

Menanggapi hal itu, KTT PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Dedi Heriyanto mengatakan, terkait program Madrasah Mandiri yang dikembangkan oleh PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program PPM, sudah memberi hasil positif pada madrasah.

“Alhamdulillah dari empat madrasah yang dibantu, mereka sudah bisa mandiri secara ekonomi dan hasil usaha dari bantuan tersebut bisa menghasilkan penghasilan bagi diri mereka sendiri bahkan untuk simpanan biaya-biaya maintenance serta segala keperluan lainnya bagi madrasah,” ujarnya.

Ada beberapa madrasah yang sudah di bantu dengan beberapa jenis bantuan usaha, salah satunya adalah Madrasah Nurul Iman Desa Wilas berupa bantuan usaha sarana air minum.

“Ini cukup bagus dan sudah berhasil, bisa membiayai operasional madrasah sendiri bahkan bisa lebih luas untuk tambahan-tambahan fasilitas yang bisa di berikan atau bantuan-bantuan dari hasil usaha air minum itu sendiri,” tambah Dedi.

Besar harapan kami, tambahnya, program Madrasah Mandiri ini bisa berjalan secara kontinyu dan terus bermanfaat bagi masyarakat. Ke depan kalau tidak salah ada dua madrasah lagi yang akan jadi target untuk bisa diberikan bantuan dengan program Madrasah Mandiri di tahun 2021 ini.

“Namun untuk nama desanya belum ditetapkan lagi karena masih dilakukan review dan juga mereview jenis apa bantuan usahanya yang cocok untuk madrasah tersebut,” jelasnya.(aol)

Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved