Breaking News:

Berita Ekonomi

Tamu Menginap di Hotel Bintang dan Non Bintang di Kalteng Naik Selama Maret 2021

Sejumlah tempat wisata di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam beberapa bulan terakhir dibuka oleh pemerintah setempat, ternya

banjarmasinpost.co.id / faturahman
Kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro dan jajarannya saat melakukan rilis perekonomian di Bumi Tambun Bungai, Senin (3/5/2021). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sejumlah tempat wisata di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam beberapa bulan terakhir dibuka oleh pemerintah setempat, ternyata membawa dampak baik bagi tingkat hunian hotel.

Tamu yang menginap di hotel mulai mengalami kenaikkan jika dibanding saat tempat wisata masih ditutup.Beberapa tamu yang menginap di hotel non bintang di kawasan Pasar Sampit mengaku ingin jalan-jalan di tempat wisata seperti ikon ikan patung jelawat,

Wisata Susur Sungai Dermaga Habaring-Hurung ada juga yang ingin jalan-jalan ke Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit.

"Memang selama Bulan Maret lalu jumlah tamu yang menginap ada sedikit kenaikkan dibandingkan dengan bulan sebelumnya , salah satu sebabnya karena beberapa tempat wisata dibuka, seperti ikon ikan patung jelawat dan Wisata Susur Sungai Dermaga Habaring-hurung sekitar Pelabuhan Sampit," ujar Saidah salah satu pengelola Losmen Sri Rezeki Jalan Iskandar Sampit, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Daftar Hotel Karantina di Indonesia, Begini Aturan Karantina Bagi WNI dan WNA dari Luar Negeri

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Sejumlah Hotel Di Banjarmasin Laksanakan Vaksinasi Covid 19 Serentak

Baca juga: VIDEO Vaksinasi Serentak di Sejumlah Hotel di Kota Banjarmasin

Baca juga: Tingkatkan Imun, Karyawan Lima Hotel dan Restoran di Banjarmasin Disuntik Vaksin Covid-19

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Tengah, Eko Marsoro, Senin (3/5/2021) mengungkapkan, rata- rata lama tamu menginap (RLTM) di hotel bintang pada Maret 2021 mencapai 1,68 hari, sementara hotel non bintang 1,18 hari.

Jumlah tamu yang menginap di hotel bintang pada Maret 2021 sebanyak 21.805 orang atau naik 31,94 persen
dibanding bulan sebelumnya."Jumlah tamu yang menginap di hotel non bintang juga naik 2,80 persen, untuk Provinsi Kalimantan Tengah," ujarnya.

Bukan hanya itu, tingkat penghunian kamar hotel bintang selama Maret 2021 mencapai 46,71 persen dan jumlah tamu menginap sebanyak
21.805 orang.

"Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang selama Maret 2021mencapai 46,71
persen, naik 4,66 poin dibanding Februari 2021 yang sebesar 42,05 persen," ujarnya lagi.
(banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved