Breaking News:

Berita Palangkaraya

Wabah Corona Kalteng, Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang Idul Fitri, Rapat Koordinasi Digelar

Wabah Corona Kalteng, Tradisi mudik saat lebaran dimasa Pandemi Covid-19 seperti sekarang dinilai sebagai salah satu bentuk penyebaran virus corona ya

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
Foto Humas Polda Kalteng
Pos penjagaan untuk menyekat kendaraan jalur darat yang ingin mudik untuk berlebaran lewat Jalan Trans Kalimantan di Kapuas Kalteng 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Wabah Corona Kalteng, Tradisi mudik saat lebaran dimasa Pandemi Covid-19 seperti sekarang dinilai sebagai salah satu bentuk penyebaran virus corona yang rawan terjadi sehingga pemerintah melalui tim gugus tugas penanganan Covid-19 berusaha melakukan antisipasi.

Kerawanan kemunculan klaster baru penyebaran Covid-19 melalui tradisi mudik saat lebaran saat ini dilarang pemerintah dengan melakukan penyekatan jalur khususnya jalan darat trans kalimantan yang berbatasan antara Kalsel dan Kalteng juga Kalteng dan Kalbar yang mulai dilakukan dalam beberapa hari ini.

Bukan hanya jalur darat saja jalur udara juga diperketat dengan mewajibkan semua pendatang dari luar Kalteng yang masuk lewat bandara wajib menyertakan Surat Keterangan Negatif Covid-19 hasil tes PCR Swab, demikian juga dengan penumpang kapal laut yang masuk ke Kalteng juga diwajibkan pakai surat keterangan negatif Covid-19 hasil tes PCR Swab.

"Sejak kemarin, jalur jalan Trans Kalimantan arah Barito Kuala -Kapuas diperiksa petugas pos jaga, kendaraan dari luar Kalteng seperti dari Kalsel yang ingin masuk ke Kapuas, jika tidak memenuhi persyaratan sesuai dengan yang ditentukan akan disuruh putar balik oleh petugas," ujar Hendriyadi, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Pj Gubernur Tinjau Vaksinasi Massal di Kabupaten Balangan

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Satu Balita Terserang Covid-19 di Tala Masih Jalani Isolasi

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Penyebaran Covid-19 Masih Tinggi, Sehari Kasus Positif Capai 119 Orang

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Petugas Sosialisasikan Prokes ke Pedagang Pasar Subuh Palangkaraya

Sementara itu, untuk menekan angka penyebaran covid 19, pemerintah pusat melakukan rapat kordinasi (Rakor) secara virtual yang bertujuan untuk menyamakan, presepsi Penanganan Covid - 19 terutama kerawanan menjelang Hari Raya Idulfitri melalui pemudik yamg ada di daerah.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, yang mengikuti Rakor dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan covid 19 di daerah secara virtual yang bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Senin (03/05/2021) pukul 08.30 Wib mengungkapkan rakor digelar untuk menyamakan presepsi.

"Yang menjadi fokus dalam rapat koordinasi tersebut, adalah bagaimana menyamakan presepsi agar dalam rangka menjelang hari raya idul fitri 1442 H tidak terjadi lonjakan angka covid 19 yang sangat drastis, sehingga perlu dilakukan pencegahan arus mudik," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved