Breaking News:

Sosok Tokoh Banua

Hamidhan Penyampai Berita Proklamasi ke Kalimantan Selatan

Sewaktu Ir Soekarno atas nama seluruh rakyat Indonesia, dengan didampingi oleh Drs Moh Hatta membacakan proklamasi kemerdekan Indonesjs pada tanggal 1

Foto istimewa
AA Hamidhan 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASIN POST.CO.ID - Sewaktu Ir Soekarno atas nama seluruh rakyat Indonesia, dengan didampingi oleh Drs Moh Hatta membacakan proklamasi kemerdekan Indonesjs pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB pagi bertempat di Pegangsaan Timur 56 Jakarta disambut suka cita seluruh bangsa Indonesia.

Berita Proklamasi Kemerdekaan kemudian dibawa dari Jakarta oleh AA Hamidhan tokoh yang ditunjuk sebagai anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan mewakili daerah Kalimantan waktu itu secara beriringan dapat diterima oleh masyarakat di Kalimantan Selatan.

Berdasarkan sumber ramlinawawiutun.blogspot.com dan Sejarah Kalsel, penyiaran melalui radio yang dilakukan oleh para buruh bangsa Indonesia yang bekerja di Kantor Domei dapat ditangkap melalui “radio gelap” (pada zaman Jepang semua radio dilak oleh Penguasa Jepang) di Kota Kandangan, Kabupaten HSS sekarang.

Berita Proklamasi melalui radio Kantor Berita Domei tersebut dapat diterima langsung oleh Ahmad Kusasi seorang pegawai di Kantor Pemerintah Jepang Kandangan dan sekaligus sebagai seorang teknisi radio yang tinggal di Kampung Pandai sekarang Jalan Singakarsa sekarang.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Sosok Pendiri Rumah Asap Kalimantan Selatan

Berita tersebut kemudian tersebar secara bisik-bisik di kalangan tokoh pejuang di daerah Kandangan. Kemudian dengan penuh risiko berita kemerdekaan tersebut pada tanggal 20 Agustus 1945 dimuat dalam surat kabar Borneo Simboen edisi Hulu Sungai yang dipimpin oleh H. Ahmad Basuni.

Selain itu AA Hamidhan merupakan pendiri surat kabar pribumi Soeara Kalimantan di Banjarmasin didirikan pada tanggal 23 Maret 1930. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved