Breaking News:

Berita Kotabaru

Tuntaskan Pengucuran THR, KPPN Kotabaru Kalsel Gelontoran Anggaran Rp 9,4 Miliar

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru telah selesai menyalurkan tunjangan hari raya (THR) Pusat senilai Rp 9,4 miliar lebih.

banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Pelayanan di KPPN Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru telah selesai menyalurkan tunjangan hari raya (THR) Pusat senilai Rp 9,4 miliar lebih.

Pengucuran THR, hingga Selasa (4/5/2021) kemarin sudah selesai disalurkan.

Dikemukakan Kepala KPPN Kotabaru, Ahmad Bermadi, pembayaran THR dimaksud terdiri dari Rp 8,467  miliar THR ASN Pusat dan Polri serta Rp 976 juta THR Keagamaan untuk pegawai Non-ASN. 

Pembayaran tersebut diberikan kepada sekitar 2.012 pegawai (atau 5.844 jiwa pegawai dan keluarga) di lingkungan 45 satuan kerja mitra KPPN Kotabaru.

Untuk THR Keagamaan telah disalurkan kepada sekitar 442 penerima. 

Baca juga: 3800 ASN di Banjarbaru Hari Ini Terima THR, Pemko Gelontorkan Dana Rp 16,9 Miliar

Baca juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo Pastikan Honorer Tak Dapat THR, Ini Alasannya

Baca juga: Besok THR ASN Pemko Banjarmasin Dicairkan, Kepala Bekeuda Sebut Kepala SKPD Juga Dapat

Sebagai upaya percepatan pembayaran THR ini, KPPN Kotabaru sebagai garda terdepan pembayaranan APBN di tenggara Kalimantan telah membuka layanan khusus untuk pengajuan THR. Yakni memperpanjang jam layanan penerimaan SPM THR hingga Pukul 17.00 Wita serta membuka layanan untuk pengajuan THR pada hari Sabtu dan Miinggu tanggal 1 s.d 2 Mei 2021.

Ahmad Bermadi pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pimpinan dan operator satuan kerja mitra yang telah bergerak cepat mengajukan pembayaran THR.

"Termasuk dengan memanfaatkan layanan KPPN Kotabaru dihari libur. Sehingga penyaluran berjalan lancar dan selesai tepat waktu," katanya. 

Meskipun berjalan cepat, Kepala KPPN Kotabaru menjamin proses pencairan atau penyaluran THR dilakukan dengan penuh kehati-hatian, akuntabel dan tanpa biaya.

Kementerian Keuangan dalam siaran pers tanggal 29 April lalu menyebutkan bahwa pembayaran THR tahun 2021 dapat dibayarkan mulai 10 hingga 5 hari kerja sebelum Hari Raya Idulfitri.

Pemberian THR ini merupakan bagian dari strategi dalam menstimulasi konsumsi untuk mendorong pemulihan ekonomi, dengan tetap memperhatikan keseimbangan dengan pelaksanaan program yang lain. 

Tahun ini, lanjut dia, THR diberikan kepada seluruh aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan.  Namun THR diberikan sebatas gaji pokok dan tunjangan melekat, yang mencerminkan keberpihakan pemerintah untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Selain THR, dalam PP No 63/2021 juga diatur pemberian Gaji Bulan Ketigabelas, yang akan dilaksanakan mulai bulan Juni 2021, dengan besaran dan kelompok penerima yang sama dengan THR 2021.

Baca juga: Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin Buka Posko Pengaduan THR Bagi Buruh

Penyaluran THR melalui KPPN Kotabaru dilakukan melalui penerbitan 122 Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari Surat Perintah Membayar (SPM) yang diajukan Satker dan diproses sejak tanggal 29 April 2021.

“Saya berharap, penyaluran THR yang tepat waktu ini dapat dimanfaatkan oleh para penerima untuk melakukan belanja konsumsi ke pelaku usaha atau UMKM di daerah maupun dimanfaatkan untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan.  Sehingga salah satu tujuan pemberian THR yaitu menggerakkan ekonomi untuk pemulihan ekonomi nasional dapat terwujud,” pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved