Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Gugatan AnandaMu Diregister MK RI, KPU Tunda Penetapan Ibnu Sina-Arifin Noor Sebagai Calon Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin menunda jadwal penetapan calon terpilih Pilkada Banjarmasin menyusul adanya gugatan Tim AnandaMU ke MK

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Paslon petahana Pilwali Banjarmasin 2020, H Ibnu Sina-Arifin Noor, Senin (3/5/2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penetapan pasangan calon (paslon) petahana Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 yakni H Ibnu Sina-Arifin Noor sebagai pemenang atau calon terpilih kembali terganjal.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin sendiri sudah menjadwalkan penetapan calon terpilih Pilkada Banjarmasin 2020 pada hari ini Jumat (7/5/2021) sore di Hotel G'Sign Banjarmasin.

Hal ini sesuai dengan jadwal tahapan, yakni penetapan dilaksanakan paling lambat lima hari setelah dilakukannya rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilwali Banjarmasin 2020 pascaputusan MK yakni pada Minggu (2/5/2021), dengan catatan tidak ada gugatan.

Dan hanya beberapa jam menjelang pleno penetapan calon terpilih tersebut, KPU Banjarmasin pun mendadak merevisi alias menundanya.

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Dua Laporan Terhadap AnandaMu di Bawaslu Banjarmasin Rontok

Baca juga: AnandaMu Kembali Menggugat, Ini Respons Tim Hukum Petahana Pilwali Banjarmasin

Baca juga: Tim AnandaMu Kembali Ajukan Gugatan, KPU Banjarmasin Langsung Konsultasi ke KPU RI

Penundaan tersebut, rupanya terkait dengan gugatan yang diajukkan oleh Hj Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu) ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI telah diregister.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar saat dihubungi banjarmasinpost.co id, Jumat (7/5/2021) sore menerangkan bahwa setelah adanya gugatan diajukkan AnandaMu ke MK RI, pihaknya pun langsung berkonsultasi dengan KPU RI.

Dan pada saat itu status permohonan dari tim AnandaMu dengan nomor 148/PAN.MK/AP3/05/2021 tersebut masih belum diregister.

Namun belakangan diketahui permohonan tersebut sudah diregister dengan nomor 144/PHP.KOT-XIX/2021 dan hal ini bisa dilihat langsung di laman resmi www.mkri.id.

"Setelah kami berkonsultasi, kata KPU RI kalau memang (permohonan AnandaMu, red) belum diregister MK RI silahkan ditetapkan. Tapi ternyata menjelang akhir sudah teregister di MK RI, jadi akhirnya penetapannya ditunda," ujar Syafruddin Akbar.

Syafruddin Akbar pun menerangkan seandainya permohonan tersebut tidak juga teregister sampai hari ini, maka penetapan pun akan tetap dilaksanakan.

"Seandainya belum teregistrasi juga, hari ini juga akan kita tetapkan calon terpilihnya," jelasnya.

Disinggung mengenai kapan penetapan bisa dijadwalkan untuk dilakukan ? Syafruddin Akbar pun belum bisa memastikan.

"Kita akan menunggu lagi bagaimana proses selanjutnya di MK RI," tutupnya.

Baca juga: Pleno Pilkada Banjarmasin Menangkan Petahana, Tim AnandaMU Keberatan Lalu Lakukan Ini

Sebelumnya penetapan paslon petahana sebagai calon terpilih ini menjadi yang kedua kalinya, karena sebelumnya AnandaMu juga sudah melakukan gugatan di MK.

Sebagian gugatan AnandaMu pun dikabulkan, termasuk dengan dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali Banjarmasin 2020.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved