Breaking News:

Berita Kotawaringin Timur

Wabah Corona Kalteng, Pengawasan Pasien OTG Covid-19 Saat Isolasi Mandiri Diperketat

Wabah Corona Kalteng, Penerapan isolasi mandiri terhadap pasien orang tanpa gejala (OTG) di rumah-masing-masing di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalim

banjarmasinpost.co.id / faturahman
Bupati Kotawaringin Timur H Halikinnor 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT -Wabah Corona Kalteng, Penerapan isolasi mandiri terhadap pasien orang tanpa gejala (OTG) di rumah-masing-masing di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diduga oleh sebagian pasien tidak disipilin sehingga berhembus kabar ada Pasien OTG yang keluyuran padahal selayaknya melakukan isolasi mandiri.

Parahnya, lagi warga yang berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Kota Sampit seperti Patung Ikan Jelawat di Jalan Iskandar dan Lokasi Susur Sungai Dermaga Habaring-Hurung sampit , masih banyak yang tidak memakai masker atau tidak taat protokol kesehatan, sehingga rawan terjadi penularan.

Kabar tersebut, santer terdengar dikalangan masyarakat, karena tindakan pasien tersebut membuat kekhawatiran banyak kalangan pasien OTG malah bisa mengakibatkan penyebaran virus mematikan tersebut di kalangan keluarga maupun rekan kerja dan kalangan masyarakat secara umum.

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Karyawan Hotel dan Resto di Banjarbaru Jalani Vaksin Covid-19

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Puskesmas di Palangkaraya Buka Layanan Keliling Antar Jemput Vaksinasi Lansia

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang Idul Fitri, Rapat Koordinasi Digelar

Baca juga: Wabah Corona Kalsel, Pj Gubernur Tinjau Vaksinasi Massal di Kabupaten Balangan

Ini menjadi perhatian Bupati Kotawaringin Timur, H Halikinnor, yang mengatakan, dia sudah memberikan peringatan bagi ASN Pemkab Kotim yang terdeteksi OTG kena Covid-19, namun keluyuran di luar rumah sehingga berbahaya bagi orang lain yang ada di sekitarnya karena bisa menularkan virus corona.

Bupati Halikin, mengimbau kepada ASN dan warga Kotawaringin Timur, yang saat ini masih menjalani isolasi mandiri karena Positif Covid-19 agar mentaati ketentuan yang harus dijalani selama isolasi mandiri sehingga tidak meresahkan pihak lain yang merasa was-was saat pasien isolasi mandiri keluyuran.

"Saya mengimbau bukan hanya ASN tetapi juga masyarakat yang sudah dinyatakan Positif Covid-19 namun menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, istirahatlah selama menjalani isolasi mandiri agar tidak menularkan virusnya kepada pihak lain," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, yang menegaskan pihaknya melalui petugas Satgas PPKM yang ada di Kotim.

"Satgas akan melakukan pengecekkan secara intensif dan secara acak semua pasien isolasi mandiri dirumahnya agar tidak keluyuran selama menjalani masa isolasi tersebut." ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved