Breaking News:

Berita Tabalong

Satreskrim Polres Tabalong Temukan Tambang Batu Gamping Diduga Ilegal, Amankan 10 Dump Truk

Sejak beberapa hari terakhir ini ternyata jajaran Satreskrim Polres Tabalong melakukan penyelidikan adanya aktivitas pertambangan batu gamping yang di

Humas Polres Tabalong
Beberapa truk dan alat berat yang jadi barang bukti dari ambang batu gamping yang diduga ilegal ini lokasinya berada di wilayah Desa Garagata, Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Sejak beberapa hari terakhir ini ternyata jajaran Satreskrim Polres Tabalong melakukan penyelidikan adanya aktivitas pertambangan batu gamping yang diduga tanpa mengantongi izin.

Tambang batu gamping yang diduga ilegal ini lokasinya berada di wilayah Desa Garagata, Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sejumlah alat berat juga telah dijadikan barang bukti setelah petugas Satreskrim Polres Tabalong yang dipimpin langsung Kasatreskrim AKP Dr Trisna Agus Brata, mendatangi lokasi.

Dari data yang berhasil dihimpun, kegiatan penambangan batu gamping ini diduga dilakukan perusahaan CV Adit Jaya Mandiri (AJM).

Baca juga: Ditreskrimsus Polda Kalsel Segera Tindak Indikasi Tambang Ilegal di Kalsel Lainnya

Baca juga: VIDEO Kasus Terowongan Maut Tambang Ilegal di Tanbu, Polda Kalsel Tetapkan 4 Orang Tersangka

Baca juga: Indonesia Dilanda Bencana, Komisi IV DPR RI Ungkap Kebun dan Tambang Ilegal Capai 17 Juta Hektare

Baca juga: Efek Gencar Patroli, Dishut Kalsel Sebut Tahun Ini Tambang Ilegal di Kawasan Hutan Hanya 2 Kasus

Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori, melalui Kasubaghumas AKP Otto saat dikonfirmasi, Sabtu (8/5/2021), membenarkan, adanya proses hukum terhadap aktivitas pertambangan batu gamping yang diduga tanpa izin tersebut.

Beberapa truk dan alat berat  yang jadi barang bukti dari  ambang batu gamping yang diduga ilegal ini lokasinya berada di wilayah Desa Garagata, Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.
Beberapa truk dan alat berat yang jadi barang bukti dari ambang batu gamping yang diduga ilegal ini lokasinya berada di wilayah Desa Garagata, Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. (Humas Polres Tabalong)

"Saat ini masih dalam proses pemeriksaan," katanya.

Dugaan tindak pidana sebagai dimaksud dalam pasal 158 UU RI No 3 Tahun 2020 perubahan atas UU RI No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara ini terungkap Sabtu (1/5/ 2021) sekitar pukul 11.00 wita.

Dimana anggota Unit II Tipidter Sat Reskrim Polres Tabalong yang dipimpin langsung Kasatrskrim AKP Dr Trisna Agus Brata, menemukan langsung adanya peristiwa diduga tindak pidana melakukan kegiatan pertambangan batu gamping tanpa izin tersebut.

Saat itu didapati pertambangan batu gamping dengan menggunakan tiga unit ekskavator sedang beroperasional di lahan
yang masuk wilayah Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Tabalong.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved