Breaking News:

Berita Banjarmasin

Tak Lagi Tutup Jalur di Batas Kota, Kepolisian dan Pemko Banjarmasin Fokus Operasi Yustisi

tak ada penutupan arus lalu lintas di perbatasan Kota Banjarmasin khususnya di Jalan A Yani Kilometer 6

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Arus lalu lintas di Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin terpantau lancar dan tak terlihat adanya penutupan arus lalu lintas, Jumat (7/5/2021) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berbeda dibanding Rabu (5/5/2021), tak ada penutupan arus lalu lintas di perbatasan Kota Banjarmasin khususnya di Jalan A Yani Kilometer 6, Jumat (7/5/2021) malam.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id di lokasi ini sekitar pukul 22.30 Wita, arus lalu lintas ramai dan lancar.

Tak ada hambatan bagi arus kendaraan baik dari arah luar kota maupun dari arah dalam kota untuk melintas di perbatasan antara Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar ini. 

Pemandangan ini agak berbeda dua malam yang lalu, dimana dilakukan percobaan penutupan arus lalu lintas oleh Kepolisian dan Pemerintah Kota Banjarmasin terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Banjarmasin. 

Baca juga: Hari Kedua Larangan Mudik, Arus Kendaraan Penumpang yang Lintasi Pos Perbatasan Masih Sepi 

Baca juga: Hari Kedua Larangan Mudik, Dirlantas Polda Kalsel Pantau Pos Cek Poin di Perbatasan Kalsel-Kaltim

Pada pelaksanaan percobaan penutupan arus lalu lintas tersebut, seluruh arus kendaraan baik dari arah luar kota maupun sebaliknya diminta untuk berbalik arah. 

Sedangkan pada Jumat (7/5/2021), dengan tidak dilaksanakannya penutupan arus lalu lintas di batas kota, Kepolisian bersama Pemerintah Kota Banjarmasin lebih fokus untuk melaksanakan operasi yustisi

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan bersama Pj Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen dan Kadinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi turun langsung dalam pelaksanaan operasi yustisi di sejumlah titik di kota Banjarmasin, Jumat (7/5/2021) malam. 

Operasi yustisi menekankan pada pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan. 

Kapolresta mengatakan, penyekatan atau penutupan arus lalu lintas pintu masuk batas kota sementara tidak dilaksanakan mengingat Kota Banjarmasin menjadi bagian kawasan Aglomerasi di Kalsel. 

"Memang ada beberapa masyarakat yang contohnya di Banjarmasin, Banjarbaru. Aglomerasi itu ada keterikatan antar kota yang hampir tidak ada batasan kabupaten/kota," kata Kapolresta. 

Baca juga: Abai Larangan Mudik, ASN Pemko Banjarmasin Siap-siap Disanksi

"Kami memang hanya menyampaikan operasi yustisi dan pengetatan protokol kesehatan. Tidak pembatasan sampai penyekatan terkait mudik, karena di area aglomerasi ini memang masyarakatnya beraktivitas di seputar kawasan ini apakah bekerja atau yang lain," lanjutnya. 

Namun meski demikian, Ia menegaskan penyekatan atau penutupan arus lalu lintas di batas kota pada malam hari bisa saja kembali dilaksanakan jika lonjakan kasus Covid-19 kembali terjadi di Kota Banjarmasin. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved