Breaking News:

Berita Banjarmasin

Mahasiswa Prodi Geografi FISIP ULM Amati Udara Atas Menggunakan Pilot Balon

Untuk mendapatkan pengalaman nyata di lapangan, mahasiswa Program Studi Geografi FISIP ULM Banjarmasin melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (P

Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi
Pengamatan Intensitas matahari menggunakan alat campbell stokes Prodi Geografi FISIP ULM 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Untuk mendapatkan pengalaman nyata di lapangan, mahasiswa Program Studi Geografi FISIP ULM Banjarmasin melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

PKL mata kuliah Meteorologi dan Klimatologi itu mereka lakukan di Kantor BMKG-Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin, di Banjarbaru.

Di sana mahasiswa melakukan dua kegiatan, pertama pengamatan, ambil contoh pengamatan, meteorologi udara atas dengan menggunakan pilot balon, pada pukul 00, 06, 12 dan 18 UTC atau pada pukul 06 dan 18 UTC untuk stasiun yang melaksanakan pengamatan radiosonde.

Lalu kemudian kegiatan selanjutnya adalah pengolaham data, seperti melaksanakan pengumpulan data meteorologi permukaan, dan udara atas untuk keperluan pemetaan serta analisis cuaca.

Baca juga: Miras di Kalteng, Polisi Amankan Delapan Pemuda dan Oknum Mahasiswa Pesta Minuman Beralkohol

Baca juga: Selain Beasiswa LPDP 2021, Cek Persyaratan Beasiswa Kemendikbud bagi Mahasiswa dan Calon Mahasiswa

Baca juga: Calon Mahasiswa Bisa Daftar Sampai 6 Pilihan Jurusan, Jalur Mandiri SIMAK UI Dibuka, Segini Biayanya

Baca juga: Demo Hari Buruh 2021 Diwarnai Penangkapan Sejumlah Orang, Termasuk 15 Orang Mahasiswa Papua

Koordinator Prodi Geografi FISIP ULM, Dr Nasruddin menjelaskan, karena masih dalam suasana covid-19, sehingga PKL tersebut dilakukan dalam dua metode, offline dan online.

"Metode offline diikuti oleh lima mahasiswa perwakilan, dan 101 mahasiswa secara online langsung dari lapangan, menggunakan fasilitas zoom meeting dari ULM," katanya. Minggu (9/5/2021).

Karenanya Nasruddin berharap kedepannya PKL mata kuliah Meteorologi dan Klimatologi, dapat ditindaklanjuti oleh BMKG- Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin dalam kegiatan program magang.

"Sehingga upaya mencetak SDM mahasiswa Program Studi Geografi FISIP ULM, sebagai tenaga yang siap pakai di Kalimantan Selatan dan Indonesia dapat terwujud," ujarnya.

Sementara itu kegiatan PKL mendapatkan apresiasi dari Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin, Karmana.

Sebab menurutnya dengan cara PKL seperti itu mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan terkair wawasan dan peralatan.

"Saya berharap mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan terkait peralatan, analisis data, tugas dan fungsi yang ada di Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin ini," ucapnya. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved