Breaking News:

Idul Fitri 2021

Tata Cara Mandi Hari Raya Idul Fitri 2021, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Waktu Pelaksanaan

Tata cara Mandi Hari Raya Idul Fitri dan bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri, simak juga amalan sunah lainnya menyambut Lebaran 2021.

KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMI
Ratusan jamaah islam aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah merayakan idul fitri, Senin (25/5/2020) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pada hari raya Idul Fitri 2021, ada banyak amalan sunah untuk dikerjakan, satu di antaranya adalah Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Selain disunnahkan, perbuatan mandi berarti berupaya menjaga kebersihan diri.

Sesuai anjuran Islam melalui hadis tentang kebersihan. Hadis tersebut berbunyi sebagai berikut:

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

"An sa’dibni abi waqqasin ’an abihi ’aninnabiyyi sallallahu ’alaihi wasallama innallaha tayyibun yuhibbuttayyiba nadifun yuhibbunnadifa karimun yuhibbulkarama jawadun yuhibbuljawada fanaddifu afnaitakum."

Artinya: "Dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR. Tirmizi).

Baca juga: Hari ke-27 Ramadhan 2021, Simak Doa-doa Akhir Ramadhan 1442 H Mustajab Dibaca Rasulullah

Baca juga: Resep Tahu Bakso Bening dan Sup Rumput Laut Anti Ribet, Menu Praktis Penghujung Ramadhan 2021

Berikut ini tata cara Mandi Hari Raya Idul Fitri dan bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri, simak juga amalan sunah lainnya menyambut Lebaran 2021.

Mandi Sunnah di hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah sudah dapat dilakukan sejak tengah malam pada malam hari raya atau pada pagi saat subuh.

Ini tata cara Mandi Hari Raya Idul Fitri dan bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri.

Tujuan dari mandi adalah membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap, dan membuat badan menjadi segar bugar, maka mandi sebelum waktu berangkat shalat hari raya idul fitri adalah baik dilakukan.

Halaman
1234
Penulis: Mariana
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved