Breaking News:

Idul Fitri 2021

Tiga Hari Lagi Idul Fitri 2021, Ini Bacaan 10 Hari Terakhir Ramadhan 2021

Simak bacaan 10 hari terakhir di Ramadhan 2021 yang juga bisa dibaca di malam-malam ganjil dipercaya turunnya Lailatul Qadar 2021.

Penulis: Noor Masrida | Editor: M.Risman Noor
tribun timur/tribun timur/muhammad abdiwan
Ratusan jemaah mengikuti salat malam di mesjid raya Makassar, Rabu (8/7) dini hari. Sejumlah jemaah beritikaf atau menetap di masjid disertai dengan menyibukkan diri dengan ibadah seperti memperbanyak membaca Al-Quran, berzikir, doa dan istigfar pada sepuluh malam terakhir Ramadhan mengharapkan datangnya malam Lailatul Qadar. Ilustrasi - Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar, Malam yang Mulia di Bulan Suci Ramadhan. Tribun timur/muhammad abdiwan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Simak bacaan 10 hari terakhir di Ramadhan 2021 yang juga bisa dibaca di malam-malam ganjil dipercaya turunnya Lailatul Qadar 2021.

Minggu  (9/5/2021) adalah hari ke-27 puasa Ramadhan. Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa-doa khusus yang bisa diamalkan tiap hari selama bulan puasa Ramadhan 1442 H.

Biasanya, di 10 hari pertama, kedua dan ketiga ada doa-doa khususnya karena di bulan puasa Ramadhan 2021 adalah momen spesial kita memohon apa saja kepada Allah SWT.

Khusus di 10 hari terakhir bulan puasa Ramadhan ini, ada keistimewaan yang ditawarkan Allah untuk hamba-hamba-Nya, yaitu dihindarkan dari api neraka dan dimasukkan ke surga-Nya.

Baca juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1442 H, Berikut Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 2021

Baca juga: Resep Berbuka Puasa Ramadhan 2021, Puding Cokelat Susu Jadi Takjil di Ramadhan 1442 H

Dikutip dari berbagai sumber, sebagian ulama membagi bulan ini dengan tiga fase, yaitu fase pertama 10 hari awal Ramadhan sebagai fase rahmat, 10 hari kedua sebagai fase maghfirah atau pengampunan dan 10 hari terakhirnya sebagai fase pembebasan dari api neraka.

Ilustrasi Berdoa dan Berdzikir di Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi Berdoa dan Berdzikir di Malam Lailatul Qadar (muslimobsession.com)

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Nabi Muhammad, Salman Al Farisi: “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka.”

Ummul mukminin, Aisyah menceritakan tentang kondisi Nabi SAW ketika memasuki 10 hari terakhir Ramadhan:

“Beliau jika memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.”

Hal itu dikarenakan di 10 terakhir ini merupakan penutupan bulan Ramadhan, sedangkan amal perbuatan itu tergantung pada penutupannnya atau akhirnya. Rasulullah SAW berdoa:

“اللهم اجعل خير عمري آخره وخير عملي خواتمه وخير أيامي يوم ألقاك”

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved