Breaking News:

Berita Banjarbaru

VIDEO Budi Daya Ikan Sistem Bioflok di Guntung Payung Kota Banjarbaru

Sistem bioflok untuk budi daya air tawar, papuyu, nila, lele dikembangkan di daerah Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Budi daya ikan tidak hanya bisa dilakukan dengan kolam, tapi uuga bisa menggunakan sistem bioflok.

Seperti yang dilakukan Hilmi Arifin, pembudidaya ikan dengan sistem bioflok yang terletak di Kelurahan Guntung  Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Bioflok adalah sistem budi daya ikan dengan rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaatan mikroorganisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan.

Diceritakan Hilmi, awal mula saat bertugas di Kabupaten Balangan, Kalsel, dan melihat sulitnya budi daya ikan di daerah yang airnya pasang surut sehingga harus tergantung dengan air sungai.

Baca juga: VIDEO Dosen Ajak Mahasiswa Usaha Akuakultur Sistem Bioflok

"Akhirnya dari sana kepikiran bagaimana caranya agar bisa membudidayakan ikan air tawar dengan biaya  relatif sedikit dan di lahan ataupun pekarangan rumah," kata Hilmi kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (8/5/2021).

Setelah pindah tugas dan tidak ingin ilmu yang dimiliki hilang, Hilmi mulai mengembangkan pembudidayaan dengan sistem bioflok di Guntung Payung, Kota Banjarbaru.

Bahkan ia juga membuka pelatihan bagi yang ingin belajar pembudidayaan ikan dengan sistem tersebut.

"Selama ini alumni di tempat pelatihannya kurang lebih mencapai 2.300 orang yang tersebar di berbagai daerah," ungkapnya.

Baca juga: VIDEO Warga di Kabupaten Tapin Ini Bikin Sistem Biloflok di Pekarangan Rumah

Baca juga: Pokdakan ini Terima Bantuan Paket Budidaya Sistem Bioflok dari Dinas Perikanan Kapuas

Kebanyakan, menurut Hilmi, mereka yang datang tertarik dengan melihat ikan-ikan yang di pelihara.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved