Breaking News:

Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia

Berkunjung ke Taman Hutan Hujan Tropis, Nikmati Suasana Pepohonan Endemik Kalsel Seluas 90 Hektare

Taman hutan hujan tropis ditanami jenis endemik hutan hujan tropika dataran rendah seperti 41 jenis dalam kelompok dipterocarpaceae (Meranti).

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Taman hutan hujan tropis di Setdaprov Kalsel ditanami pepohonan endemik Kalsel, Minggu (9/5/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia di Banjarbaru memang dikreasi tak hanya sebagai bentuk pelestarian hayati tapi juga obyek wisata buatan. 

Lokasinya gampang dituju karena berada di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, tepatnya sebelah timur Kantor Setdaprov Kalsel.

Taman ini dibangun di lahan seluas kurang lebih 90 hektare dan telah tertanami seluas kurang lebih 58 hektare dalam empat blok penanaman.

Jumlah pohon yang telah ditanam adalah sebanyak 48.072 batang yang terdiri dari jenis endemik hutan hujan tropika dataran rendah seperti 41 jenis dalam kelompok dipterocarpaceae (Meranti).

Baca juga: Wisata Kalsel : Berwisata di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia yang Sejuk, Asyik Untuk Bersantai

Baca juga: VIDEO Taman Miniatur Hutan Hujan Tropis Indonesia Area Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru

Kemudian 11 jenis kelompok rimba campuran dan jenis pohon unggulan lokal serta jenis tanaman langka penghasil buah di Kalsel.

Saat berwisata ke sana, memang belum ada guide atau pemandu. Gedung informasi wisata juga belum ada petugasnya, namun masih ada papan informasi yang membantu pengunjung mengenali taman itu.

Pastinya saat menyusuri pedestrian atau jalanan taman, kita tak bakal kepanasan karena pohon-pohonnya begitu rindang. Jika ingin beristirahat sejenak, ada beberapa gazebo yang bisa disinggahi.

Baca juga: Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia Banjarbaru, Ruang Terbuka Hijau Berkonsep Miniatur Hutan

Melenggang kaki menikmati kesegaran taman tentunya memberi nuansa tersendiri. Tak terasa beberapa blok dimasuki dengan aneka varian tanaman.

Bisa dibayangkan, dalam beberapa tahun ke depan taman ini akan semakin rindang karena pepohonan terus bertambah besar dengan daun-daun yang rimbun. 

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved