Breaking News:

BTalk

BTalk, Cara Kadisnaker Kabupaten Tapin Memonitor Perusahaan Beri THR ke Karyawan

Disnker Kabupaten Tapin tanya karyawan atau datangi perusahaan tambang dan perkebunan untuk monitor pembayaran THR. Juga dirikan pos aduan THR.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tapin, Fauziah, dalam acara BTalk, membahas monitoring kewajiban perusahaan membayar THR kepada karyawan, Senin (10/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan kepada pekerja menjelang hari raya Idulfitri 1442 H, Senin (10/5/2021).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tapin, Fauziah, dalam acara BTalk, program  Banjarmasin Post membahas berbagai isu terkini dan terupdate di Kalimantan Selatan.

Menurut Fauziah, THR 2021 yang diberikan kepada karyawan melalui perhitungan-perhitungan dari perusahaan  untuk karyawan yang sudah bekerja paling lambat 1 bulan dan yang sudah bekerja di atas 1 tahun. 

"Misalkan upah atau gaji sebulan sebesar Rp 3 juta, maka pembayaran THR-nya juga tiga juta," sebut dia kepada host yang juga jurnalis Banjarmasin Post, Mulyadi Danu Saputra.

Baca juga: VIDEO Sidak Pos Pam Cegat Mudik, Dandim Tegur Pemudik Yang Ngotot Tanpa Masker dan KTP

Baca juga: Cegah Lonjakan Covid-19, Satgas Covid -19 Tapin Gencar Perketat Prokes di Objek Wisata Religi 

Bagi pekerja atau buruh yang non muslim, memang biasanya tergantung kebijakan pemberi kerja atau perusahaan.

"Sesuai monitoring kami di lapangan, memang pada umumnya perusahaan memberikan THR tidak hanya untuk umat muslim, tetapi untuk semua," jelasnya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Tapin sampai hari ini belum ada perubahan yang mendapatkan sanksi terkait dengan masalah THR.

"Kami memonitor terkait pembayaran THR ini sejak 2017. Utuk menyikapi masalah-masalah terkait THR, kami  sudah membuka posko pengaduan, bilamana ada perusahaan yang tidak membayarkan THR kepada pekerjanya. Pembukaan posko ini, kami bekerja sama dengan Polres Tapin dan Kodim," jelasnya.

Baca juga: Jalani Rapid Test di Pos Pam Binuang, Pemudik Tujuan Amuntai Reaktif Covid-19, Petugas Lakukan Ini

Ia mengatakan, terkait dengan monitoring perusahaan, memang tidak semua perusahaan dimonitor.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved