Breaking News:

Bumi Sanggam

Bupati Balangan Abdul Hadi Beri Arahan ke Camat, PPKM Berbasis Mikro Diperketat

Bupati Balangan Abdul Hadi pimpin rakor penanganan Covid-19 saat momen Idul Fitri di Aula Benteng Tundakan, minta camat, lurah, kades perketat prokes.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Bupati Abdul Hadi membuka rapat koordinasi penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan di Aula Benteng Tundakan, Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Senin (10/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar rapat koordinasi penanganan Covid 19 di tingkat desa dan kelurahan, Senin (10/5/2021). 

Kegiatan dalam rangka perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro ini bertempat di Aula Benteng Tundakan, Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Melalui Wakil Satgas percepatan penanganan Covid 19, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menyampaikan, perpanjangan PPKM mikro akan dilakukan kembali mulai tanggal 4 - 17 Mei 2021.

Langkah ini dilakukan kembali, mengingat masih banyak warga yang kurang disiplin dan menyepelekan penerapan protokol kesehatan.  Terutama pada penggunaan masker saat di luar rumah. 

"Kesadaran masyarakat itu penting. Kalau hanya mengandalkan dari Satgas dan unsur muspika, tidak bisa. Jadi,  harus bersinergi semuanya. Masyarakat, muspika, forkopimda dan Satgas, harus sinergi dan komitmen supaya kasus Covid-19 turun," ajaknya.

Selain itu, AKBP Nur Khamid berpesan kepada seluruh masyarakat Balangan, untuk tetap berada di rumah selama libur panjang. 

Sehingga, pengoptimalan PPKM mikro dari tingkat desa maupun kelurahan dengan peningkatan pengawasan unsur TNI-Polri dan Satpol PP, bisa berjalan maksimal.

Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi menerangkan tentang tindak lanjut perpanjangan ini, pemerintah daerah telah memberikan instruksi kepada unsur muspika untuk melakukan razia masker di masing-masing wilayah tingkat kecamatan, baik di pasar maupun tempat kerumunan lainnya.

"Kami sudah perintahkan kepada Camat agar memanggil kepala desa untuk menggerakkan aparat desa dan Linmas supaya lebih menyosialisasikan terhadap penggunaan masker," ujarnya.

Kemudian, Abdul Hadi juga mendesak para camat untuk menggelar pertemuan dengan agenda penanganan Covid 19 agar tidak ada lonjakan.

Selain itu, sebutnya, para kepala desa diharapkan mampu memaksimalkan anggaran untuk penanganan pandemi saat ini. 

Pada kesempatan yang sama, Satgas Covid-19 Kabupaten Balangan juga membahas tentang pelaksanaan solat Idul Fitri di tempat ibadah. 

Aturan pelaksanaan sudah dikeluarkan oleh Kemenag. Tentunya, protokol kesehatan menjadi perhatian pada pelaksanaan ibadah tersebut.

Selain itu, di Kabupaten Balangan akan dipetakan wilayah mana saja yang diperbolehkan. Mengingat adanya zona-zona tertentu pada masa pandemi. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved