Breaking News:

Berita Banjarbaru

Penilaian Badan Usaha Milik Desa, Dinas PMD Kalsel Targetkan Ratusan Bumdes Capai Level Maju

Dinas PMD Kalsel menargetkan ratusan badan usaha milik desa (bumdes) di Kalsel mampu mencapai level tertinggi yakni BUMDes Maju

DPMD Kalsel untuk BPost
Penilaian Kinerja BUMDes di Kabupaten Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jelang perolehan hasil penilaian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi (DPMD) Kalsel menargetkan ratusan badan usaha milik desa (bumdes) di Kalsel mampu mencapai level tertinggi yakni BUMDes Maju.

Seperti diketahui, klasifikasi hasil penilaian BUMDes meliputi  Tumbuh atau Rintisan, Berkembang, dan Maju.

Total skor akan menentukan kategori BUMDes, yakni skor 10-50 digolongkan sebagai BUMDes tumbuh, skor 51 sampai 75 sebagai BUMDes berkembang dan  diatas 75 sebagai BUMDes maju.

Hal itu karena berdasarkan penilaian dari berbagai aspek serta antusiasme pemerintah kabupaten dan desa untuk membentuk BUMDes sudah cukup tinggi. 

Baca juga: BUMDes Diharapkan Jadi Wadah Perekonomian Masyarakat di Balangan

Baca juga: Perkembangan 1.482 BUMDes di Kalsel Dinilai

Baca juga: Bumdes Tirta Jaya Bikin Pasar Modern, Wakil Bupati Tanahbumbu Harapkan Bisa Berkembang

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Ekonomi Masyarakat DPMD Provinsi Kalsel, Wahyu Widyo Nugroho mengatakan, desa di Kalsel dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan, sehingga BUMDes menjadi lembaga yang tepat untuk memaksimalkan potensi desa yang nantinya akan meningkatkan perekonomian warganya. 

Wahyu menuturkan, perkembangan BUMDes di Kalsel dalam 1 tahun terakhir cukup bagus.

"Dalam kurun waktu satu tahun yakni dari 2019 hingga 2021 saat ini, sebanyak 45 BUMDES masuk dalam klasifikasi BUMDes Maju. Padahal, di tahun 2019  kita belum ada satupun memiliki BUMDes kategori maju. Ini artinya, perkembangan BUMDes cukup menggembirakan," ujarnya, Senin (10/5/2021).

Berdasarkan data pemetaan BUMDes Provinsi Kalsel, pada tahun 2021, dari 1.864 desa di 11 kabupaten, sudah terbentuk 1.482 BUMDes atau 79,51 persen dari jumlah total desa di Kalsel. Sedangkan  382 desa belum terbentuk BUMDes atau 20,49 persen.

Dalam hal ini , jumlah BUMDes yang terbentuk tahun 2021 telah meningkat atau bertambah 100 lebih dibandingkan tahun 2019.

Pada 2019 lalu, jumlah BUMDes hanya  1.379 unit atau 73,98 persen dari jumlah desa secara keseluruhannya. 

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved