Breaking News:

Kriminalitas Kotabaru

VIDEO Polres Kotabaru Bongkar Penipuan Berkedok Sumbangan, Pelaku Raup Puluhan Juta Rupiah

Lima pelaku mencatut tempat ibadah dan ponpes minta sumbangan ditangkap anggota Satreskrim Polres Kotabaru. Diamankan, kertas sumbangan dan uang tunai

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Anggota Unit Reskrim Polres Kotabaru mengungkap penipuan berkedok minta sumbangan tempat ibadah dan pondok pesantren di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Pengungkapan kasus penipuan oleh jaringan pelaku asal Paser, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), ini dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan saat masyarakat berniat meraih amal ibadah. 

Perbuatan jaringan pelaku penipuan ini tidak hanya merugikan masyarakat yang memberikan sumbangan, tapi juga para pengurus masjid serta ponpes yang namanya dicatut.

Apalagi, uang hasil sumbangan dikumpulkan digunakan para pelaku tersebut untuk kantong pribadi dan berfoya-foya.

Baca juga: Nano Kehilangan Penghasilan Rp2 Juta per Hari, Pasca Feri Kotabaru Terperangkap di Karang

Semua itu dikemukakan Wakapolres Kotabaru, Kompol Yuliannoor Abdi, didampingi Kasatreskrim, AKP Abdul Jalil, Ketua MUI dan Kabag Kesra, dalam konferensi pers di mapolres, Senin (10/5/2021).

Dikatakan Yuliannoor Abdi, hasil pengungkapan penipuan diamankan 5 tersangka. Terdiri dari empat orang menjalankan sumbangan dan seorang lagi bertugas sebagai koordinator. 

Kelimanya ditangkap anggota Satreskrim Rabu (5/5/2021). Barang bukti yang diamankan, yaitu kertas sumbangan, uang tunai dan barang bukti lainnya digunakan saat beraksi. 

"Para tersangka dari luar semua (luar Kotabaru), dari Sumenep dan berdomisili di Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Aksi ini sudah lintas sektoral," jelas Yuliannoor Abdi.

Baca juga: Kontraktor Luar Masuk Kotabaru, Gapensi Ingin Orang Lokal Diberi Kesempatan

Baca juga: Berlagak Jadi Seorang Direktur, Warga Kotabaru Tipu Kawan Sendiri

Ditambahkan AKP Abdul Jalil, terungkapnya kasus berawal aksi pelaku yang minta sumbangan kepada seorang pengelola tempat ibadah di Kabupaten Kotabaru.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved