Breaking News:

Hukum Shalat Jumat Virtual

Fatwa MUI Sikapi Shalat Jumat Virtual, Simak Juga Hukumnya Menurut Muhammadiyah dan NU

Begini fatwa MUI sikapi fenomena Shalat Jumat Virtual. Simak juga Hukumnya shalat Jumat virtual menurut Muhammadiyah dan NU

KOMPAS.com/IST
Shalat Jumat di Masjid Agung Al Mabrur mulai diselenggarakan secara berjemaah.Fatwa MUI Sikapi Shalat Jumat Virtual, Begini Hukumnya Menurut Muhammadiyah dan NU 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia ( MUI) baru saja menetapkan fatwa tentang shalat Jumat secara virtual dan secara hybrid.

Diketahui, belakangan ini muncul fenomena sholat jumat virtual di tengah pandemi Covid-19. Melaksanakan sholat tanpa harus ke masjid, cukup mengikuti khutbah dari rumah dan mengikuti sholat Jumat juga di tempat masing-masing

Bagaimana hukum shalat Jumat secara Virtual dan Secara Hybrid?

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan pers, menyebutkan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2021 tentang Hukum Penyelenggaraan Shalat Jumat secara Virtual.

Dalam Fatwa MUI yang baru saja ditetapkan itu ada dua penjelasan tentang shalat Jumat virtual dan shalat Jumat Hybrid.

Baca juga: MUI Bersama IPNU dan IPPNU Tapin Gelar Pesantren Ramadhan 1442 H, Tetap Terapkan Prokes

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh pada 13 Mei 2021

Pertama, penyelenggaraan shalat Jumat secara virtual adalah pelaksanaan shalat Jumat yang lokasi imam dan makmum tidak ittihad al-makan (dalam kesatuan tempat), tidak ittishal (tersambung secara fisik), dan hanya tersambung melalui jejaring virtual.

Kedua, penyelenggaraan shalat Jumat secara hybrid adalah pelaksanaan shalat Jumat yang imam dan makmumnya memenuhi ketentuan ittihad al-makan (dalam kesatuan tempat) dan ittishal (tersambung secara fisik), serta diikuti oleh makmum lain yang hanya tersambung secara virtual.

Menurut MUI, penyelenggaraan shalat Jumat secara virtual sebagaimana dimaksud dalam ketentuan umum di atas hukumnya tidak sah.

Salat jumat berjamaah di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). Ini niat Sholat Jumat Bahasa Arab dan Artinya, Juga Ada Syarat & Sunahnya, Ingat Kaum Lelaki Wajib.
Shalat jumat berjamaah di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020).  (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Sedangkan penyelenggaraan shalat Jumat secara hybrid sebagaimana dimaksud dalam ketentuan umum kedua, hukumnya pun terbagi dua.

Halaman
1234
Penulis: Mariana
Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved