Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Larangan Mudik 2021 Berdampak pada Konsumsi Avtur di Kalsel

Konsumsi Avtur selama dan menjelang Idul Fitri 1442 H di Kalsel 13,4 persen. Kondisi normal 63,83 kilo liter per bulan dari 73,67 kilo liter.

TRIBUNNEWS.COM
Pengisian bahan bakar, jenis avtur, ke pesawat. 

Edito: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Konsumsi Avtur atau bahan bakar pesawat selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1442 H cenderung turun  sebesar 11,8 persen.

Angka itu jika dibandingkan konsumsi normal bulanan atau sebesar 306 kilo liter per bulan dari 347 kilo liter per bulan untuk wilayah Kalimantan.

Sedangkan, untuk Kalimantan Selatan, konsumsi normal Avtur selama bulan dan menjelang Idul Fitri 1442 H cenderung turun sebesar 13,4 persen. Konsumsi normal  63,83 kilo liter per bulan dari 73,67 kilo liter per bulan.

Penurunan tersebut juga dikarenakan akibat pandemi Covid-19 dan Larangan Mudik 2021 yang menyebabkan terbatasnya maskapai komersial yang diperbolehkan untuk terbang.

Baca juga: Penjual Ketupat di Kota Banjarmasin Mulai Kebagian Berkah Jelang Lebaran

Baca juga: Dinas Pariwisata Kalsel Jalin Kerja Sama dengan PT Angkasa Pura

"Kesiapan Pertamina dalam menjaga ketahanan stok avtur tetap dilakukan pada 9 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) walaupun terdapat kecenderungan penurunan konsumsi avtur. Diprediksi peningkatan konsumsi avtur akan meningkat diprediksi pada bulan Juni sejak pemberlakuan new normal akan terlaksana, " kata Executive General Manager Pertamina Regional Kalimantan, Freddy Anwar.

Bahkan bukan hanya avtur, tapi Pertamina juga siapkan kesediaan LPG.

Ada untuk Kalsel penambahan fakultatif tahap I sebanyak 583 metrik ton dan penambahan fakultatif Tahap II sebanyak 633  metrik ton.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved