Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Pemerintah Kabupaten Banjar Ingin Salat Idul Fitri Sesuai Protoko Kesehatan

Bupati Banjar H Saidi Mansyur kirim surat untuk Camat, pengurus Masjid agar pelaksana Salat Idul Fitri terapkan prokes ketat untuk cegah Covid-19.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Surat Edaran Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, tentang pelaksanaan Salat Idul Fitri diperkenankan di wilayah Kabupaten Banjar dengan protokol kesehatan ketat, Selasa (11/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menerbitkan surat edaran tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H di situasi pandemi Covid-19. 

Surat edaran (SE) itu ditandatangani Bupati Banjar H Saidi Mansyur, ditujukan kepada para Camat dan pengurus Masjid, pelaksana Salat Idul Fitri, ditembuskan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Pemerintah Kabupaten Banjar dalam SE itu menyampaikan empat poin yang harus diperhatikan dan dilaksanakan apabila melaksanakan ibadah salat Idul Fitri. 

Pertama, Salat Idul Fitri dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka, wajib memperhatikan dan melaksanakan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Baca juga: Panduan Ibadah Idul Fitri 1442 Hijriah, Kemenag Kalsel: Panitia Berperan Sentral

Baca juga: Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di Kamis 13 April 2021 Ditetapkan Nahdlatul Ulama

Kedua, seluruh jemaah Salat Idul Fitri agar tetap masker selama pelaksanaan salat Idul Fitri dan selama menyimak khutbah Idul Fitri di masjid ataupun di lapangan.

Ketiga, bagi para lansia atau orang yang dalam kondisi kurang sehat, baru sembuh dari sakit atau baru datang dari perjalanan jauh, disarankan tidak menghadiri salat Idul Fitri di masjid ataupun di lapangan. 

Keempat, pengurus Masjid atau panitia Salat Idul Fitri dianjurkan menggunakan alat pengecek suhu tubuh (thermogun) dalam rangka memastikan kondisi sehat jemaah yang hadir.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM Hilman, mengatakan, berdasarkan hasil rapat Forkompimda dan Satgas Covid-19 Kabupaten Banjar, terkait pelaksanaan salat Idul Fitri dikeluarkan surat edaran Bupati Banjar.

Baca juga: Hilal Tak Terlihat, 1 Syawal 1442 H Diprediksi Jatuh Pada Kamis Wage 13 Mei 2021

Baca juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1442 H, Berikut Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 2021

"Intinya, pelaksanaan Salat Idul Fitri diperkenankan di seluruh wilayah Kabupaten Banjar. Syaratnya, penyelenggara menyampaikan kesanggupan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan," kata HM Hilman selaku Satgas Covid-19 Kabupaten Banjar.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved