Breaking News:

Berita Balangan

BPOM HSU Temukan Kerupuk Mengandung Boraks

Kepala BPOM HSU, Bambang Hery Purwanto, menyebut ada 117 sampel yang diambil dari sejumlah lapak di pasar dan toko di Balangan.

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Mulyadi Danu Saputra
banjarmasin post
BELI MAKANAN - Kepala BPOM HSU, Bambang Hery Purwanto membeli makanan di Pasar Modern Adaro sebagai sampel untuk memastikan keamanan bahan pangan yang digunakan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Beberapa hari setelah melakukan pemeriksaan pangan dan toko retail di wilayah Kabupaten Balangan, BPOM Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyampaikan hasil pemeriksaan.
Dalam konferensi pers, Kepala BPOM HSU, Bambang Hery Purwanto, menyebut ada 117 sampel yang diambil dari sejumlah lapak di pasar dan toko di Balangan.
“Hasilnya, ada satu yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, yaitu satu sampel kerupuk yang mengandung boraks," ungkap dia, Rabu (12/05/2021).
Bambang membeberkan, selama melakukan pengawasan terhadap produk pangan jajanan berbuka puasa atau takjil, di tiga wilayah yakni Kabupaten HSU, Balangan dan Tabalong, pihaknya mengumpulkan total 366 sampel.
Dari jumlah itu, 358 sampel yang memenuhi syarat dan delapan sampel yang tidak memenuhi syarat. Selain itu, dari total 33 sarana ritel maupun distributor pangan yang telah diperiksa di tiga wilayah tersebut, terdapat 12 sarana yang telah memenuhi ketentuan dan 21 sarana di antaranya tidak memenuhi ketentuan.
“Menindaklanjuti itu, kami telah melakukan pembinaan dan memberikan surat peringatan kepada pelaku usaha untuk selalu memperhatikan kondisi produk yang akan dijual,” terang Bambang.
BPOM HSU juga mengimbau kepada pedagang agar memperhatikan ketentuan dan syarat keamanan pada pangan olahan yang mereka jual. Utamanya keharusan untuk menghindari adanya penggunaan formalin, boraks, rhodamin B, dan methanol yellow.
Tak hanya itu, BPOM HSU juga melayani konsumen yang ragu akan produk olahan yang mereka beli. Pelayanan yang dimaksud yakni melakukan pengecekan kandungan bahan pada produk olahan tersebut secara gratis. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved